KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SERIRIT

Penulis

  • K. Theresia Laksmi Savitri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Nurjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.62332

Kata Kunci:

kemampuan menulis, teks narasi, mengembangkan tema

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat dan semangat siswa dalam pembelajaran menulis teks narasi. Permasalahan yang dibahas, yakni bagaimanakah kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII D di SMP Negeri 2 Seririt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII D di SMP negeri 2 Seririt dalam menulis teks narasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk memeroleh data, yakni dengan meggunakan instrumen observasi, instrumen wawancara, dan instrumen dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII D di SMP Negeri 2 Seririt dengan jumlah siswa 27 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran menulis teks narasi berpedoman pada modul ajar, hasil kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII D di SMP Negeri 2 Seririt termasuk dalam kategori terampil atau baik dengan rata-rata nilai keseluruhan siswa, yakni 85,40, dan salah satu kendala yang dihadapi siswa selama menulis teks narasi, yakni kesulitan mengembangkan tema.

Referensi

Afifah, Siti Nur. 2022. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-fatih Deltasari Sidoarjo”. Skripsi. Surabaya: Univeristas Islam Negeri Sunan Ampel.

Ahsin, Muhammad Nur. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Audivisual dan metode Quantum Learning”. Jurnal Refleksi Edukatika, 6 (2), 156 – 162.

Annisa. 2018. “Kemampuan Menulis Karangan Narasi Peseta Didik Kelas VI di MIS Nurul Jihad Pintulung Kelurahan Tassililu Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai”. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Hendra. 2020. “Pemanfaatan Novel Hujan Karya Tere Liye dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi di Kelas VII SMP Mutiara Singaraja”. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Hindriyani, Ni Made Lidia. 2022. “Pemanfaatan Kanal YouTube Dongeng dalam Mendemonstrasikan Teks Narasi kelas VII di SMP Negeri 2 Kuta Utara”. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Indriani, Made Sri. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Cerita”. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 14 (2), 56 – 64.

Indriani, Made Sri. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Anak “Malin Kundang”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 3 (2), 91 – 98. .

Kurka. 2022. “Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka”. Dalam https://kurikulummerdeka.com/capaian-pembelajaran-bahasa-indonesia-pada-kurikulum-merdeka/ diakses pada tanggal 26 Desember 2022.

Lagur, Martha Novitasari. 2016. “Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Turi, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Yogyakarta: Universitan Sanata Dharma.

Larasati, Putti. 2021. “Penggunaan Powtoon dalam Pembelajaran Teks Persuasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Seririt”. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Masruroh, Ngafi. 2018. “Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X1 MA Miftahul Ulum Toabo Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju”. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ningsi, Nikma Putri Sulistia. 2017. “Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Media Animasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 07 Palopo”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3 (1), 44 – 56.

Nisa, Zakiyatul. 2022. “Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Al-fatih Deltasari Sidoarjo”. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Normaliah. 2020. “Analisis Struktrur Teks Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri”. Jurnal. 2 (2019), 118 – 131.

Nur, Suhaebah. 2014. “Kemampuan Menulis Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Basseang”. Jurnal Pepatuzdu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 7 (1), 27 – 38.

Nurhidayah, Alif. 2016. “Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Nurjanah, Arifah dan Alfa Mitri Suhara. 2019. “Analisis Penggunaan Bahasa Daerah dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di Kelas IX SMPN 1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat”. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (2), 255 – 262.

Permanasari, Dian. 2017. “Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 SumberJaya Lampung Barat”. Jurnal Pesona: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (2), 156 – 162.

Permendikbudristek. 2022. “Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah”. Dalam https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224179/permendikbudriset-no-7-tahun-2022 diakses pada tanggal 26 Desember 2022.

Pertiwi, Dewi. 2020. “Pengaruh Tayangan Vlog YouTube terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020”. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Puspitaningrum, Aprilia Dini. 2019. “Pengaruh Literasi dan Kaidah Ejaan terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rusmini. 2018. “Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep”. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Salfera, Novi. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII”. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32 – 43.

Sari, Kadek Ria Harta Rinata. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Daring Berbantuan YouTube dalam Pembelajaran Teks Puisi Rakyat Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Selemadeg Timur”. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Setiawan, Dadan, dkk. 2019. “Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran RADEC”. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9 (2), 130 – 140.

Setiawan, Dadan, dkk. 2019. “Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create”. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV (1), 1 – 16.

Simin, Febriati dan Yusuf Jafar. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan Melalui Pendekatan Komunikatif pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo”. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol: 04 (03), 209 – 216.

Suandi, I Nengah, dkk. 2016. “Pedoman Penulisan Karya Ilmiah untuk Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Subekti, Elaa. 2018. “Peningkatakan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Baturaden”. Metafora, 5 (1), 10 – 23.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suhartika, Dina dan Dian Indihadi. 2021. “Analisis Keterampilan Menulis Teks Narasi Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar”. Attadib: Journal of Elementary Education, 5 (2), 113 - 123.

Tatro, Ma’atun, dkk. 2021. “Hasil Belajar Menulis Teks Narasi pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Tahun Pelajaran 2020/2021”. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 11(2), 108- 121.

Triyana, Lia. 2019. “Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Oleh Siswa Kelas VII SMP PAB 3 Saentis Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Skripsi. Sumatra Utara: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wendra, I Wayan. 2019. “Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel)”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Yuliana. 2019. “Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi”. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2 (3), 288 – 298.

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles