ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT DAN RELEVANSINYA DI DALAM PEMBELAJARAN BAGI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMP
ANALYSIS OF CHARACTER VALUES IN FOLK STORIES AND THEIR RELEVANCE IN LEARNING FOR CHARACTER DEVELOPMENT OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.79175Kata Kunci:
cerita rakyat, pendidikan karakter, sastraAbstrak
Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meneliti relevansi cerita rakyat terhadap pendidikan karakter siswa di SMP. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 cerita rakyat nusantara, sedangkan objek penelitian yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerita rakyat yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran sastra di SMP. Setelah melakukan analisis data menggunakan metode triangulasi data ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat yang dipilih serta memiliki relevansi terhadap pendidikan karakter siswa di SMP. Masing-masing cerita rakyat dalam penelitian ini banyak memiliki kandungan nilai karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Kandungan nilai karakter yang terdapat dari masing-masing cerita rakyat tentu ada yang bersifat positif dan bersifat negatif. Cerita rakyat yang mengandung nilai karakter positif tersebut dapat dijadikan sebagai contoh dan yang bersifat negatif tentu ditinggalkan, sehingga cerita rakyat yang dipakai memungkinkan untuk dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra dalam pengembangan karakter siswa.
Referensi
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6 (1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084
Arum, W. S. A., Fahri, M., Amelia, N., & Watini, S. (2023). Implementasi Perkembangan Ilmu dan Teknologi Dalam Pendidikan Karakter Pancasila. Technomedia Journal, 8(1SP). https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1sp.2008
Asipi, L. S., Rosalina, U., & Nopiyadi, D. (2022). The Analysis of Reading Habits Using Miles and Huberman Interactive Model to Empower Students’ Literacy at IPB Cirebon. International Journal of Education and Humanities, 2(3). https://doi.org/10.58557/ijeh.v2i3.98
Ati, A. P., Mubasyira, M., Sandiar, L., Widiyarto, S., & Harie, S. (2021). Ajaran Moral Dan Karakter Dalam Buku Cerita Nusantara Sebagai Bahan Ajar Siswa Sd. Basastra, 10(1). https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.23383
Cahyani, I. N., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Hubungan Karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1718
Ernawanto, Y., Sutama, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2629
Fariska, F. D., Sulistia, N. E., & Setyawan, A. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. EduCurio: Education Curiosity, 01(01).
Gunawan, G. (2023). Deskripsi Pemahaman Konsep dan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dengan Pendekatan Ethnomatematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(2). https://doi.org/10.53299/jppi.v3i2.332
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481
Okpatrioka, O., Sari, B. G. M., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 1(3).
Pasaribu, L. M., Fitrah, Y., & Yusra, H. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Jambi Rangkayo Jambi. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3). https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i3.2510
Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1). https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958
Purawinangun, I. A. (2019). Menggali Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1785
Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718
Sari, G. A. (2020). Dampak Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Daring Akibat Covid-19 Terhadap Siswa. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.848
Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3).
Soviana, W., Dan, D., & Septiana, D. (2020). Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat Marasai Mangkonyo Santun. Prosiding Samasta, 0(0).
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3). https://doi.org/10.29210/30032075000
Suratman, B. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Cerita Rakyat dan Bermain Singinca. Annual Conference on Islamic Early Childhood.
Susilowati, andriyani. (2019). Lima Belas Menit Pertama Di Sekolah Sebagai Wujud Penguatan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1).
Syefriyeni, & Salsabila, T. A. (2020). Nilai-Nilai Leluhur Suku Bajo dalam Membangun Sikap Bertoleransi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 179–192. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5648
Trisnasasti, A. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Nusantara. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 4(2). https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7405
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2). https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Putu Evayana Suninica, I Made Sutama, I Nyoman Yasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)