ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT DAN RELEVANSINYA DI DALAM PEMBELAJARAN BAGI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMP

ANALYSIS OF CHARACTER VALUES IN FOLK STORIES AND THEIR RELEVANCE IN LEARNING FOR CHARACTER DEVELOPMENT OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Penulis

  • I Putu Evayana Suninica Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sutama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.79175

Kata Kunci:

cerita rakyat, pendidikan karakter, sastra

Abstrak

Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meneliti relevansi cerita rakyat terhadap pendidikan karakter siswa di SMP. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 cerita rakyat nusantara, sedangkan objek penelitian yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerita rakyat yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran sastra di SMP. Setelah melakukan analisis data menggunakan metode triangulasi data ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat yang dipilih serta memiliki relevansi terhadap pendidikan karakter siswa di SMP. Masing-masing cerita rakyat dalam penelitian ini banyak memiliki kandungan nilai karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Kandungan nilai karakter yang terdapat dari masing-masing cerita rakyat tentu ada yang bersifat positif dan bersifat negatif. Cerita rakyat yang mengandung nilai karakter positif tersebut dapat dijadikan sebagai contoh dan yang bersifat negatif tentu ditinggalkan, sehingga cerita rakyat yang dipakai memungkinkan untuk dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra dalam pengembangan karakter siswa.

Referensi

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6 (1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084

Arum, W. S. A., Fahri, M., Amelia, N., & Watini, S. (2023). Implementasi Perkembangan Ilmu dan Teknologi Dalam Pendidikan Karakter Pancasila. Technomedia Journal, 8(1SP). https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1sp.2008

Asipi, L. S., Rosalina, U., & Nopiyadi, D. (2022). The Analysis of Reading Habits Using Miles and Huberman Interactive Model to Empower Students’ Literacy at IPB Cirebon. International Journal of Education and Humanities, 2(3). https://doi.org/10.58557/ijeh.v2i3.98

Ati, A. P., Mubasyira, M., Sandiar, L., Widiyarto, S., & Harie, S. (2021). Ajaran Moral Dan Karakter Dalam Buku Cerita Nusantara Sebagai Bahan Ajar Siswa Sd. Basastra, 10(1). https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.23383

Cahyani, I. N., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Hubungan Karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1718

Ernawanto, Y., Sutama, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2629

Fariska, F. D., Sulistia, N. E., & Setyawan, A. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. EduCurio: Education Curiosity, 01(01).

Gunawan, G. (2023). Deskripsi Pemahaman Konsep dan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dengan Pendekatan Ethnomatematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(2). https://doi.org/10.53299/jppi.v3i2.332

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481

Okpatrioka, O., Sari, B. G. M., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 1(3).

Pasaribu, L. M., Fitrah, Y., & Yusra, H. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Jambi Rangkayo Jambi. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3). https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i3.2510

Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1). https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958

Purawinangun, I. A. (2019). Menggali Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1785

Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718

Sari, G. A. (2020). Dampak Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Daring Akibat Covid-19 Terhadap Siswa. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.848

Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3).

Soviana, W., Dan, D., & Septiana, D. (2020). Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat Marasai Mangkonyo Santun. Prosiding Samasta, 0(0).

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3). https://doi.org/10.29210/30032075000

Suratman, B. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Cerita Rakyat dan Bermain Singinca. Annual Conference on Islamic Early Childhood.

Susilowati, andriyani. (2019). Lima Belas Menit Pertama Di Sekolah Sebagai Wujud Penguatan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1).

Syefriyeni, & Salsabila, T. A. (2020). Nilai-Nilai Leluhur Suku Bajo dalam Membangun Sikap Bertoleransi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 179–192. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5648

Trisnasasti, A. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Nusantara. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 4(2). https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7405

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2). https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Articles