KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR GURU BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SINGARAJA
SKILLS IN VARIING INDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN THE INDEPENDENT CURRICULUM IN GRADE VII OF SMP NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.80731Kata Kunci:
keterampilan, variasi mengajar, kurikulum merdeka, bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi mengajar, dan kendala yang dialami oleh guru bahasa Indonesia saat mengadakan variasi dalam kurikulum merdeka di kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan variasi yang dilakukan guru bahasa Indonesia meliputi variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan bahan ajar dan variasi pola interaksi. Kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia saat mengadakan variasi mengajar dalam kurikulum merdeka di kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja yakni (1) guru kurang menguasai konsep pembelajaran pada kurikulum merdeka, (2) kurangnya sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran, (3) kurangnya partisipasi siswa.
Referensi
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86.
Basri, W., & Rahmi, T. S. (2023). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Moral and Civic Education, 7(1), 1–16.
Billah, M. (2022). Pengembangan Variasi Mengajar Guru di Madrasah Tsanawiyah Attaraqqie Malang. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6 (2), 330–344.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar.
Fanani, A. (2010). Ice breaking dalam proses belajar mengajar: Learning, routinity, boring, ice breaking. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 6(11), 25–28.
Fauzan, M. A., & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21. Prenada Media.
Fitriani, A. (2016). Implementasi Variasi Mengajar Guru Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 3 Bantul. Basic Education, 5(33), 3–94.
Handayani, W. R., Widiada, I. K., & Nisa, K. (2022). Keterampilan Guru dalam Menggunakan Variasi Pembelajaran di SDN 1 Sakra Selatan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2152–2164.
Husniati, R., Setiadi, I. K., Pangestuti, D. C., & Nugraheni, S. (2022). Tantangan Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. Batara Wisnu: Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 134–145.
Idris, M. (2014). Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar ‘Menciptakan Keterampilan Mengajar Secara Efektif dan Edukatif.’ Jakarta: Ar Ruzz Media.
Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi mengajar guru dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482–490.
Insani Putri, N., Icha Sabrina, S., Budiman, N., Tri Puji Utami, W., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., PGRI Wates, I., & Kulon Progo, P. (2023a). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran Di SD Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE
Insani Putri, N., Icha Sabrina, S., Budiman, N., Tri Puji Utami, W., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., PGRI Wates, I., & Kulon Progo, P. (2023b). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran Di SD Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Genta Mulia, 12(1).
Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada pembelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Majid, A., & Pd, M. (2019). Strategi pembelajaran.
Marno, I. (2014). Strategi, metode, dan teknik mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.
Nisa, A. W. C., Wijayati, R., & Muhammad, D. H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas XB SMK Al-Falah Sumber Wetan Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 203–213.
Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang. Jurnal Literasiologi, 5(1).
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.
Nurhasana, I. (2021). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 217–229.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238–244.
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses Pada, 22.
Rusman, M.-M. P. (2010). Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Cet. VI.
Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebagai determinan terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144.
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi pembelajaran daring di sekolah dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304.
Susanti, A., & Janattaka, N. (2020). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 51–62.
Tahir, I., Isa, A. H., & Mahmud, Y. H. (2023). Deskripsi Keterampilan Variasi Mengajar Guru Pada Pembelajaran Di SD Muhammadiyah 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 14(2), 467–473.
Zain, A., & Djamarah, S. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar (2013). Kuningan: Jakarta: PT Rineka Cipta.
Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dias Fajri Sidqi, I Putu Mas Dewantara, Kadek Wirahyuni
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)