PENJENJANGAN MATERI AJAR PUISI (PEDOMAN MENGAJAR BAGI GURU DI SLTA)

GRADIENTING OF POETRY TEACHING MATERIALS (TEACHING GUIDELINES FOR HIGH SCHOOL TEACHERS)

Penulis

  • Kuswara Kuswara FKIP Universitas Sebelas April
  • Dela Rosa Putri Universitas Sebelas April
  • Dadang Gunadi FKIP Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.84607

Kata Kunci:

materi ajar, pedoman mengajar, puisi

Abstrak

Penelitian ini dilandasi oleh fakta bahwa puisi merupakan salah satu materi pembelajaran sastra yang sering mengalami pengulangan, bukan hanya dalam satu jenjang pendidikan tetapi juga antarjenjang pendidikan. Hal ini mengakibatkan peserta didik merasa jenuh dalam belajar puisi.  Selain itu, materi pembelajaran yang terlalu sulit akan menurunkan semangat belajar peserta didik juga. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, yakni berupa kajian pada buku teks di sekolah dan literatur/buku tentang puisi. Hasil penelitian ini adalah deskripsi lingkup dan penjenjangan  pembelajaran puisi di tingkat SMA mencakup materi ajar puisi, contoh puisi,  aktivitas belajar siswa, dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian dibagi atas penjenjangan materi pembelajaran aspresiasi puisi dan materi pembelajaran keterampilan berpuisi. Hasil penelitian ini dapat memandu guru sehingga tidak terjadi pengulangan materi ajar puisi selama proses pembelajaran

Referensi

Amin, S. 2017. Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informal pada Siswa SMA di Kudus Kulon (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/14467

Harjanto. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, A. 2020. Pengembangan Kurikulum Spiral dalam Pembelajaran Sastra di SLTA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 124-135. https://ejournal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpbsi/article/view/21579

Isdriani, P. 2009. Seribu Pena (Seri Buku Penuntun dan Evaluasi) Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ismail, T. 2013. Sajak Ladang Jagung. Bandung: Pustaka Jaya.

Lestari, N., & Aditya, R. 2021. Pendekatan Berjenjang dalam Apresiasi Sastra: Studi kurikulum Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan dan Sastra Indonesia, 15(3), 203-215. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpsi/article/view/15078

Namatilara, S. 2023. Analisis Materi Puisi pada Buku SMA Kelas X Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/ download/628/562

Nasution, F. (2020). Keberlanjutan Pembelajaran Sastra pada Tingkat SLTA. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 10(4), 334-348. https://journal.uny.ac.id/index.php/jibs/article/view/31222

Pradopo, R. D. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prayogi, I. (2014). Peranan Linguistik dalam Pengajaran Bahasa (sebuah catatan ringan). Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://journal.upgris.ac.id/index.php/sasindo/article/view/976

Purwahida, R. Pembelajaran Sastra di Kelas X Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 11(1), 18-30. https://www.researchgate.net/profile/Rahmah-Purwahida

Purwati, D. (2020). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Potensi Lokal (Panduan Menulis Naskah Drama dengan Mudah). Bandung: Jakad Media Publishing.

Putri, D., & Kurniawan, B. (2019). Implementasi Pembelajaran Sastra yang Terintegrasi di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(1), 52-65. https://jurnal.uny.ac.id/index.php/jppbi/article/view/19192

Rahman, H. (2022). Penerapan keterampilan berpuisi di SLTA: Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Sastra dan Seni Indonesia, 12(1), 90-104. http://ejournal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpssi/article/view/52487

Ratnasari, S. 2023. Kajian Struktural : Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin Puisi Tahanan Karya W.S Rendra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Subang, 4(1). http://journal.stkipsubang.ac.id/index .php/aksentuasi/ article/download/879/774

Rusyana, Y. 1982. Metode Pengajaran Sastra. Bandung: Gunung Larang.

Syahrul, M. (2021). Analisis Kurikulum dan Keterampilan Apresiasi Puisi pada Siswa SLTA. Jurnal Literasi dan Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 178-190. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jlppi/article/view/45070

Wahyuningsih, S. (2021). Analisis Unsur Intrinsik pada Puisi Karya Taufik Ismail Melalui Pendekatan Struktural dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran Materi Puisi di SMA Kelas X (Doctoral dissertation, Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon). https://repository.unpas.ac.id/50049/

Waluyo, H. J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Surakarta: Erlangga.

Wati, M. L. K. 2022. Analisis Struktural Antologi Puisi Alarm Sunyi Karya Emi Suy. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7029. Diakses 11 Desember 2023.

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles