PENJENJANGAN MATERI AJAR PUISI (PEDOMAN MENGAJAR BAGI GURU DI SLTA)
GRADIENTING OF POETRY TEACHING MATERIALS (TEACHING GUIDELINES FOR HIGH SCHOOL TEACHERS)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.84607Kata Kunci:
materi ajar, pedoman mengajar, puisiAbstrak
Penelitian ini dilandasi oleh fakta bahwa puisi merupakan salah satu materi pembelajaran sastra yang sering mengalami pengulangan, bukan hanya dalam satu jenjang pendidikan tetapi juga antarjenjang pendidikan. Hal ini mengakibatkan peserta didik merasa jenuh dalam belajar puisi. Selain itu, materi pembelajaran yang terlalu sulit akan menurunkan semangat belajar peserta didik juga. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, yakni berupa kajian pada buku teks di sekolah dan literatur/buku tentang puisi. Hasil penelitian ini adalah deskripsi lingkup dan penjenjangan pembelajaran puisi di tingkat SMA mencakup materi ajar puisi, contoh puisi, aktivitas belajar siswa, dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian dibagi atas penjenjangan materi pembelajaran aspresiasi puisi dan materi pembelajaran keterampilan berpuisi. Hasil penelitian ini dapat memandu guru sehingga tidak terjadi pengulangan materi ajar puisi selama proses pembelajaran
Referensi
Amin, S. 2017. Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informal pada Siswa SMA di Kudus Kulon (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/14467
Harjanto. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, A. 2020. Pengembangan Kurikulum Spiral dalam Pembelajaran Sastra di SLTA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 124-135. https://ejournal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpbsi/article/view/21579
Isdriani, P. 2009. Seribu Pena (Seri Buku Penuntun dan Evaluasi) Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ismail, T. 2013. Sajak Ladang Jagung. Bandung: Pustaka Jaya.
Lestari, N., & Aditya, R. 2021. Pendekatan Berjenjang dalam Apresiasi Sastra: Studi kurikulum Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan dan Sastra Indonesia, 15(3), 203-215. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpsi/article/view/15078
Namatilara, S. 2023. Analisis Materi Puisi pada Buku SMA Kelas X Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/ download/628/562
Nasution, F. (2020). Keberlanjutan Pembelajaran Sastra pada Tingkat SLTA. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 10(4), 334-348. https://journal.uny.ac.id/index.php/jibs/article/view/31222
Pradopo, R. D. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Prayogi, I. (2014). Peranan Linguistik dalam Pengajaran Bahasa (sebuah catatan ringan). Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://journal.upgris.ac.id/index.php/sasindo/article/view/976
Purwahida, R. Pembelajaran Sastra di Kelas X Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 11(1), 18-30. https://www.researchgate.net/profile/Rahmah-Purwahida
Purwati, D. (2020). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Potensi Lokal (Panduan Menulis Naskah Drama dengan Mudah). Bandung: Jakad Media Publishing.
Putri, D., & Kurniawan, B. (2019). Implementasi Pembelajaran Sastra yang Terintegrasi di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(1), 52-65. https://jurnal.uny.ac.id/index.php/jppbi/article/view/19192
Rahman, H. (2022). Penerapan keterampilan berpuisi di SLTA: Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Sastra dan Seni Indonesia, 12(1), 90-104. http://ejournal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpssi/article/view/52487
Ratnasari, S. 2023. Kajian Struktural : Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin Puisi Tahanan Karya W.S Rendra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Subang, 4(1). http://journal.stkipsubang.ac.id/index .php/aksentuasi/ article/download/879/774
Rusyana, Y. 1982. Metode Pengajaran Sastra. Bandung: Gunung Larang.
Syahrul, M. (2021). Analisis Kurikulum dan Keterampilan Apresiasi Puisi pada Siswa SLTA. Jurnal Literasi dan Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 178-190. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jlppi/article/view/45070
Wahyuningsih, S. (2021). Analisis Unsur Intrinsik pada Puisi Karya Taufik Ismail Melalui Pendekatan Struktural dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran Materi Puisi di SMA Kelas X (Doctoral dissertation, Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon). https://repository.unpas.ac.id/50049/
Waluyo, H. J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Surakarta: Erlangga.
Wati, M. L. K. 2022. Analisis Struktural Antologi Puisi Alarm Sunyi Karya Emi Suy. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7029. Diakses 11 Desember 2023.
Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kuswara, Dela Rosa Putri, Dadang Gunadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)