ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN IKAN TONGKOL HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI DESA SERAYA TIMUR KECAMATAN KARANGASEM

Authors

  • Ni Kadek Nuriati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20096

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran ikan tongkol di Desa Seraya Timur Tahun 2017, jumlah marjin dan farmer share dari masing-masing pola saluran pemasaran ikan tongkol di Desa Seraya Timur Tahun 2017, dan pola saluran yang paling efisien dalam pemasaran ikan tongkol di Desa seraya Timur Tahun 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif, sedangkan berdasarkan sumbernya data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga pola saluran pemasaran ikan tongkol di Desa Seraya Timur Tahun 2017 yaitu, pola saluran pertama  dari  nelayan  ke  pedagang  pengecer  kemudian  konsumen,  kedua  dari nelayan ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer kemudian konsumen, dan ketiga dari nelayan ke pedagang pengumpul kemudian pedagang besar (luar daerah). Pola saluran pemasaran I jumlah marjin sebesar Rp 5.000,00/kg dan farmer share 75,00%, pola saluran II memiliki jumlah marjin sebesar Rp 11.000/kg dan farmer share sebesar 57,69%, pola saluran III memiliki jumlah marjin sebesar Rp 8.000/kg dan untuk farmer share sebesar 65,21%. Pola saluran I lebih efisien karena memiliki persentase paling  kecil  yaitu  sebesar  2,50%,  dibandingkan saluran  lainnya  yaitu saluran II sebesar 6,53% dan 1,92%, dan saluran III sebesar 9,56%.

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles