FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA DISTRO LEGEND STORE DI KECAMATAN NUSA PENIDA

Authors

  • I Komang Sukarnaya
  • Lulup Endah Tripalupi
  • I Nyoman Sujana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakor-faktor dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk pada Distro Legend Store di Kecamatan Nusa Penida. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan rancangan penelitian faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Distro Legend Store yang berjumlah 100 orang, yang diambil dengan menggunakan teknik incidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data  dianalisis  menggunakan  analisis  faktor  dengan  program  SPSS  16.0  for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk pada Distro Legend Store di Kecamatan Nusa Penida, yaitu faktor pribadi dengan nilai variance sebesar 61,901%, faktor sosial dengan nilai variance sebesar 18,388%, faktor psikologis dengan nilai variance sebesar 15,023%, dan faktor budaya dengan nilai variance sebesar 4,688%. Faktor pribadi menjadi faktor yang paling dominan, karena memiliki nilai varimax rotation sebesar 61,901%, artinya total nilai varimax rotation dari faktor pribadi mampu menjelaskan  keputusan  pembelian  produk  pada  Distro  Legend  Store  sebesar 61,901%

Downloads

Published

2019-06-11

Issue

Section

Articles