Pengaruh Viral Marketing dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21615Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan harga terhadap keputusan pembelian di program studi pendidikan ekonomi universitas pendidikan ganesha. Penelitian ini merupakan penelitian kausal. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang menggunakan media sosial Instagram untuk melakukan pembelian yang berjumlah sebanyak 253 orang mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 154 orang responden. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial viral marketing dengan keputusan pembelian, harga dengan keputusan pembelian dan secara simultan viral marketing dan harga terhadap keputusan pembelian.