PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) DI SEDAHAN KECAMATAN SERIRIT

Authors

  • Putu Permana Artha .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .
  • Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v6i1.7219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan di Sedahan Kecamatan Seririt, dan (2) besar pengaruh kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan di Sedahan Kecamatan Seririt. Penelitian ini adalah penelitian deskritif kuantitatif dengan jumlah responden 100 orang. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi sederhana menggunakan SPSS 16.0 for windows yang meliputi uji t dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan dapat dilihat dari nilai thitung 8.205 > ttabel 1.984, dan (2) besarnya pengaruh kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak adalah sebesar 0.407 (40.7%), sedangkan sisanya 0.593 (59.3%) di pengaruhi faktor lain.
Kata Kunci : kepatuhan wajib pajak dan kualitas pelayanan fiskus

This study aims to determine (1) the effect of quality of service tax authorities on tax compliance earth and buildings in the District Sedahan Seririt and (2) the influence of the quality of service tax authorities on tax compliance earth and buildings in the District Sedahan Seririt. This research is descriptive quantitative research with 100 respondents. Data were collected by questionnaire and documentation, which is then analyzed by simple regression analysis using SPSS 16.0 for Windows that includes t test and R2. The results showed that (1) the quality of service significantly influence taxpayer compliance earth and buildings can be seen from tcount 8205> ttabel 1984 and (2) the influence of the quality of service tax authorities on tax compliance is equal to 0407 (40.7%), while the remaining 0593 (59.3%) on the influence of other factors.
keyword : tax compliance and quality of service tax authorities

Published

2016-06-30

Issue

Section

Articles