ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI MAHA SURYA MOTOR SINGARAJA TAHUN 2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7747Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui persepsi atau perceived performance pelanggan sepeda motor Yamaha di Maha Surya Motor 2015. 2) Untuk mengetahui bagaimana harapan atau expectations pelanggan sepeda motor Yamaha di Maha Surya Motor tahun 2015. 3) Untuk mengetahui Kepuasan pelanggan yang dirasakan oleh pelanggan sepeda motor Yamaha di Maha Surya Motor tahun 2015. Penelitian ini termasuk penelitian asdfhlitermasuk penelitian evaluative yang bertujuan untuk mengetahui nilai atau performance pelayanan dari dealer Yamaha Surya Motor, dilihat dari dimensi untuk mengevaluasi kepuasaan pelanggan ini adalah (1) kualitas produk; (2) harga; (3) service quality; (4) emotional factor dan (5) biaya/kemudahaan. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan Yamaha Surya Motor, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah factor untuk mengevaluasi kepuasan pelanggan yaitu kualitas produk, harga, service quality ,emotional factor, dan biaya/kemudahan.. Penelitian ini dilaksanakan pada Dealer Sepeda Motor Yamaha Maha surya Motor Singaraja. Data dikumpulkan dengan metode angket, observasi dan wawancara, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perasaan pelanggan Sepeda Motor Yamaha Maha Surya Motor Singaraja tahun 2015 sangat penting. (2) Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh karyawan Dealer Sepeda Motor Yamaha Maha Surya Motor Tahun 2015 sangat baik. (3) kualitas layanan pendidikan secara keseluruhan berada pada kategori sangat puas, dimana kualitas layanan layanan per dimensi yaitu untuk Qualitas produk berada pada kategori sangat puas, Emotional faktur berada pada kategori cukup puas, Price/harga berada pada kategori cukup puas, kemudahan dan Biaya berada pada kategori cukup puas dan, dimensi quality Service berada pada kategori sangat puas.Kata Kunci : kualitas layanan
This study aims to determine 1) To determine the customer's perception or perceived performance of Yamaha motorcycles in Maha Surya Motor, 2015. 2) To determine how customer expectations or the expectations of Yamaha motorcycles in Maha Surya Motor 2015. 3) To determine the perceived customer satisfaction by customers of Yamaha motorcycles in Maha Surya Motor 2015. this research includes studies including evaluative research that aims to determine the value or performance of services Surya Motor Yamaha dealer, seen from the dimensions to evaluate customer satisfaction are (1) the quality of the product; (2) the price; (3) service quality; (4) emotional factors and (5) cost / ease. Subjects in this study is a customer Yamaha Motor Surya, while that become the object of this study is to evaluate the customer satisfaction factor is the quality of the product, price, service quality, emotional factor, and cost / convenience. The research was conducted at the Supreme Yamaha Motorcycle Dealer solar Motor Singaraja. Data were collected by questionnaire, interview and observation, which is then analyzed by analysis of customer satisfaction. The results of this study indicate that (1) the feeling of customers Motorcycles Yamaha Maha Surya Motor Singaraja in 2015 is very important. (2) From the above results it can be concluded that the services provided by employees of Yamaha Motorcycle Dealers Maha Surya Motor in 2015 was very good. (3) the quality of education services as a whole are in the category of very satisfied, where the quality of service of service per dimensions for Qualitas products that are in the category of very satisfied, Emotional invoice is categorized quite satisfied, Price / price in the category quite satisfied, convenience and Costs in the category quite satisfied, Service quality dimensions that are in the category of very satisfied.
keyword : Quality Service
Published
2016-07-21
Issue
Section
Articles