PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII I SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19989Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) hasil belajar siswa dan (2) aktivitas belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS di kelas VIII I SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang siswa, yang 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, pengamatan dan refleksi. Data mengenai hasil belajar dikumpulkan melalui metode tes, sedangkan data mengenai aktivitas belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor hasil belajar siklus I sebesar 80,81 dengan kategori baik selanjutnya meningkat menjadi 87,81 dengan kategori amat baik pada siklus II. (2) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dengan kategori cukup aktif selanjutnya meningkat menjadi aktif pada siklus II.