PENERAPAN METODE RESITASI DALAM UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI 1 DI SMK NEGERI 1 TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Penulis

  • Nyoman Ariasmini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20062

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk  mengetahui peningkatan aktivitas, dan  hasil  belajar Akuntansi siswa melalui Penerapan metode resitasi pada siswa kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Tejakula tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data  aktivitas belajar dikumpulkan dengan metode observasi dan  data  hasil  belajar dikumpulkan melalui metode tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor aktivitas belajar siklus I sebesar 31,33 dengan kategori cukup aktif selanjutnya meningkat menjadi 33,9 dengan kategori aktif pada siklus II. Penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor hasil belajar siklus I sebesar 78 dengan  kategori cukup dan meningkat menjadi 86,3 dengan kategori sangat baik pada siklus II.

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles