PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 2 SINGARAJA TAHUN 2017

Penulis

  • Putu Linda Yani
  • Anjuman Zukhri
  • Lulup Endah Tripalupi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20065

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pngelolaan pembelajaran, pengaruh motivasi belajar,  pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kausal. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Program Sosial Science) versi 16.0. Hasil uji t 6,452 dengan nilai signifikan 0,009 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran terhadap hasil belajar,  hasil uji t 2,420 dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, dan hasil uji F 21,106 dengan nilai signifikan 0,036 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang positif secara simultan persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran dan motivasi belajar  terhadap hasil belajar.

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles