PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Penulis

  • Luh Eva Aristha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20068

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar pada siswa SMA Negeri 2 Singaraja, pengaruh lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar pada siswa SMA Negeri 2 Singaraja, dan pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap kesulitan belajar pada siswa SMA Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini merupakan  penelitian  deskriptif  kuantitatif.  Data  dikumpulkan dengan  metode  kuesioner.  Teknik analisis  data  menggunakan analisis  regresi linier  berganda berbantuan program  SPSS  24.0  for Windows. Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa  secara parsial  lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap kesulitan belajar, yang ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,951 > ttabel  = 2,024 dan nilai probabilitas uji t 0,000 yang lebih kecil dari α = 0,05; secara parsial lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap kesulitan belajar, yang ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,146 > ttabel =

2,024 dan nilai probabilitas uji t 0,003 yang lebih kecil dari α = 0,05; secara simultan lingkungan

keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap kesulitan belajar, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 16,766 > Ftabel = 3,260 dan nilai probabilitas uji F 0,000 yang lebih kecil dari α =

0,05.

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles