ANALISIS PENERAPAN STRATEGI DIRECT SELLING DAN DAMPAKNYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. KARYA PAK OLES TOKCER DI DESA BENGKEL TAHUN 2016

Penulis

  • Luh Mirayani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20084

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi direct selling dan dampaknya terhadap volume penjualan pada PT. Karya Pak Oles Tokcer di Desa Bengkel tahun 2016. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan  kualitatif.Subjek penelitian ini adalah Salesman Spreading, Kepala Operasional dan Team Leader Sales Promotion Group yang berjumlah 3 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan strategi direct selling dan dampaknya terhadap volume penjualan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi direct selling pada PT. Karya Pak Oles Tokcer Desa Bengkel sudah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam  kegiatan penjualannya. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan strategi direct selling memberikan dampak terhadap volume penjualan produk tahun 2016 sebesar Rp 320.966.125 dengan rata-rata volume penjualan mencapai Rp  26.747.117 setiap  bulannya. Kendala  yang  hadapi dalam  penerapan strategi direct selling yaitu adanya penundaan pembelian produk, adanya sistem konsinyasi dalam penjualan produk, dan ancaman produk dari perusahaan pesaing. Solusi untuk mengatasi permasalahan dalam penerapan strategi direct selling yaitu memberikan penghargaan dan hadiah kepada pelanggan tertentu, menagih pembayaran, dan meningkatkan kualitas produk.

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles