PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( C O NT E X TUA L T E A C H I N G L E A R N I N G ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Penulis

  • Rahmat Budi Prasetya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20094

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar belajar dengan penerapan pendekatan kontekstual (contextual teaching learning) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Lokasi penelitian ini berada berada di SMA Negeri 2 Singaraja dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 dan obyek penelitiannya adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Data motivasi dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I pertemuan pertama rata-rata motivasi belajar siswa 6,8 dengan kategori cukup baik dan pada pertemuan kedua menjadi 7,9 dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama terjadi peningkatan rata-rata motivasi belajar menjadi 9,7 dengan kategori baik dan pada pertemuan kedua menjadi 11,3 dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajar pada observasi awal terdapat 13 siswa (43,4%) yang tuntas, pada siklus I jumlah siswa  yang  tuntas  meningkat menjadi  21  siswa  (70%),  dan  pada  siklus  II  jumlah  siswa  yang  tuntas meningkat menjadi 29 siswa (97%).

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles