PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJR IPS (ILMU PENGETAHUAN SOSIAL) SISWA KELAS VII MTS AL-KIRIYAH TEGALLINGGAH KABUPATEN BULELENG 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20129Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) siswa kelas VII di MTs Al-Khairiyah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, pengamatan, dan refleksi. Jenis data adalah data kuantitatif. Metode pengumpulan data hasil belajar siswa adalah metode tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,65 yang berada dalam kategori cukup. Ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 13,04% dari 47,83% pada observasi awal menjadi 60,87% pada akhir siklus I, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 80,65 yang berada pada kategori baik. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang dapat dikatakan sangat tinggi yaitu sebesar 34,78% dari 60,87% pada akhir siklus I menjadi 95,65% pada akhir siklus II