PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK N 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20136Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar, perbedaan motivasi belajar, perbedaan hasil belajar dasar-dasar akuntansi pada siswa kelas X AK di SMK N
1 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Non Equivalen post test only control group desain. Data hasil belajar dasar-dasar akuntansi dikumpulkan dengan tes dan
data motivasi belajar dengan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis inferensial dan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar dasar-dasar akuntansi antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media audiovisual dan kelompok siswa yang belajar tidak dengan model pembelajaran quantum teaching berbantuan
media audiovisual ditunjukkan dari nilai sig < 0,05 ( 0,000 < 0,05), terdapat perbedaan motivasi belajar dasar-dasar akuntansi antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media audiovisual dan kelompok siswa yang belajar tidak dengan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media audiovisual ditunjukkan dari nilai sig <
0,05 (0,013 < 0,05), terdapat perbedaan hasil belajar dasar-dasar akuntansi antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media audiovisual dan kelompok siswa yang belajar tidak dengan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media audiovisual ditunjukkan dari nilai sig < 0,05 (0.000 < 0,05).