PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII J SMP NEGERI 5 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.2024Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Tekhnologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII J di SMP Negeri 5 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014, (2) mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis TIK pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII J di SMP Negeri 5 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan-tahapan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar pada akhir setiap siklus. Data respon siswa dikumpulkan melalui penyebaran angket/kuesioner. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang telah tuntas pada siklus I sebesar 65,52%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang telah tuntas adalah sebesar 93,10%, dan (2) respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis TIK diperoleh skor rata-rata sebesar 41,72 dengan kategori positif.Kata Kunci : TIK, Hasil belajar, Respons siswa
This study aims to (1) determine the use of interactive learning media based on Information, Communication, and Technology (ICT) in improving learning outcomes in the Integrated IPS VIII J grade students at SMP Negeri 5 Singaraja academic year 2013/2014, (2) determine students' responses the use of ICT based interactive learning media on subjects in class VIII Integrated IPS J in SMP Negeri 5 Singaraja academic year 2013/2014. This research is Classroom Action Research (CAR). The research was conducted in two cycles of learning with the stages in each cycle includes planning, action, observation and evaluation, and reflection. Student learning outcomes data collected through achievement test at the end of each cycle. Student response data collected through questionnaires/questionnaires. Collected data was then analyzed descriptively. The results showed, (1) the use of ICT based interactive learning media can improve student learning outcomes. This is indicated by the number of students who have completed the first cycle of 65.52%, while in the second cycle the number of students who have completed amounted to 93.10%, and (2) the response of students to the use of ICT based interactive learning media obtained average scores average of 41.72 with the positive category.
keyword : ICT, Learning outcomes, Student response
Diterbitkan
2014-01-07
Terbitan
Bagian
Articles