PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN VIDEO PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Penulis

  • Rekha Ad'Ha Norvie .
  • Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .
  • Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.2050

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas belajar IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 31 orang terdiri dari 16 siswa putra dan 15 siswa putri. Data dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa diketahui berdasarkan analisis data, diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar yang mengalami peningkatan setiap pertemuan pada siklus I pertemuan ke- 1 sebesar 56.55, pertemuan ke- 2 sebesar 59.77, dan siklus II pertemuan ke- 3 sebesar 65.48, pertemuan ke- 4 sebesar 71.19. Begitu pula dari segi aspek hasil belajar IPS diketahui berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelas VIII siklus I pertemuan ke- 1 sebesar 70.84, pertemuan ke- 2 sebesar 75.84, siklus II pertemuan ke- 3 sebesar 80.87, pertemuan ke- 4 sebesar 80.93. Dari hasil reanalisis data Uji-t dengan menggunakan program SPSS 16 terhadap aktivitas dan hasil belajar pada setiap akhir pertemuan menunjukkan peningkatan yang signifikan pada taraf 0.05. Prosentase peningkatan aktivitas belajar yang terjadi dari siklus I pertemuan 1 ke pertemuan 2 sebesar 1.62%, meningkat lagi pada siklus II pertemuan 3 sebesar 2.37%, dan ke pertemuan 4 meningkat sebesar 0.93%. Prosentase peningkatan hasil belajar yang terjadi dari siklus I pertemuan 1 ke pertemuan 2 sebesar 29%, meningkat lagi pada siklus II pertemuan 3 sebesar 3%, dan ke pertemuan 4 meningkat sebesar 10%.
Kata Kunci : model pembelajaran berbasis masalah, media video, aktivitas belajar, hasil belajar IPS.

This study aims to determine the improvement of the quality of social studies in the eighth grade students at SMP Negeri 3 Singaraja Academic Year 2013/2014 by applying the model of video-assisted problem-based learning. This research is classified as a Class Action Research. The subjects were eighth grade students of SMP Negeri 3 Singaraja, amounting to 31 people consisting of 16 boys and 15 student daughter. Data were analyzed using qualitative and quantitative methods of analysis. The results showed an increase in the activity of student learning based on the analysis of the data is known, the average score obtained learning activity has increased every meeting on the first cycle of the 1st meeting at 56.55, 2nd meeting at 59.77, and the second cycle of the 3rd meeting at 65.48, 4th meeting at 71.19. Similarly, in terms of aspects of social studies are known results based on the analysis of the data, the average values obtained the first cycle of classes VIII-1 meeting at 70.84, meeting the 2nd at 75.84, meeting the second cycle of 80.87 3rd, 4th meeting of 80.93. From the results of reanalysis of data t-test using SPSS 16 on activity and learning outcomes at each end of the meeting showed a significant increase in the level of 0.05. Percentage increase in the activity of learning that occurs from the first cycle of the 1st meetings to 2nd meetings at 1.62%, rising again in the second cycle of the 3rd meeting at 2.37%, and 4th meetings to increase by 0.93%. Percentage improvement of learning outcomes from the first cycle meeting occur 1st to 2nd meetings by 29%, increased again in the second cycle 3rd meeting at 3%, and 4th meetings to increase by 10%.
keyword : model of problem-based learning, video media, learning activities, learning outcomes IPS.

Diterbitkan

2014-01-10

Terbitan

Bagian

Articles