Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Merek Honda Pada Dealer PT. Mertha Buana Motor di Singaraja

Penulis

  • I Gusti Ayu Manik Mastuti Economic Education Departement, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Iyus Akhmad Haris Economic Education Departement, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sujana Economic Education Departement, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21522

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda pada dealer PT. Mertha Buana Motor di Singaraja,(2) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda pada dealer PT. Mertha Buana Motor di Singaraja dan (3) pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda pada dealer PT. Mertha Buana Motor di Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitiankausal yaitu desain penelitian yang mengkaji hubungan sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat atau konsumen yang telah membeli produk sepeda motor honda yang berjumlah 9.011 orang. Sampel berjumlah 100 orang, dan diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS for windows 16.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklan berpengaruh secara signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda pada dealer PT. Mertha Buana Motor di Singaraja,hal tersebut ditunjukkan dari nilai thitung = 5,080 > ttabel = 1.984 (dengan ttabel diperoleh dari df = n-k-1 = 100-1-1 = 98 dan taraf signifikansi 5%) atau p-value = 0.000 < α = 0.05 (2) citra merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda pada dealer PT. Mertha Buana Motor di Singaraja,hal tersebut ditunjukkan dari nilaithitung = 5,349 > ttabel = 1.984 (dengan ttabel diperoleh dari df = n-k-1 = 100-1-1 = 98 dan taraf signifikansi 5%) atau p-value = 0.000 < α = 0.05 (3) iklan dan citra merek berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor mrek Honda pada dealer PT. Mertha Buana Motor di Singaraja,hal tersebut ditunjukkan dari nilai Fhitung = 123,708 >Ftabel = 3,94 ( dengan Ftabel diperoleh dari df1 (n-1=100-1=99), dan df2 (k-1=2-1=1) atau p-value = 0.000 < α = 0,05.

                                                           

Kata kunci :Iklan, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Diterbitkan

2019-12-12

Terbitan

Bagian

Articles