Pengaruh Kesenangan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Salon Agung di Kabupaten Gianyar Tahun 2013

Penulis

  • Dewi Andayani .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .
  • Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3310

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) justice terhadap loyalitas pelanggan Salon Agung di Kabupaten Gianyar Tahun 2013, (2) esteem terhadap loyalitas pelanggan Salon Agung di Kabupaten Gianyar Tahun 2013, (3) finishing touch terhadap loyalitas pelanggan Salon Agung di Kabupaten Gianyar Tahun 2013,dan (4) justice, esteem,dan finishing touch terhadap loyalitas pelanggan Salon Agung di Kabupaten Gianyar Tahun 2013. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuisioner, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) justice berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Salon Agung di Kabupaten Gianyar tahun 2013, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 3.272 > ttabel = 1,98498 atau p-value = 0,001 < α = 0,05, (2) esteem berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Salon Agung di Kabupaten Gianyar tahun 2013, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 2.022 > ttabel 1,98498 atau p-value = 0,046 < α = 0,05, (3) finishing touch berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Salon Agung di Kabupaten Gianyar tahun 2013, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 4.022 > ttabel = 1,98498 atau p-value = 0,000 < α = 0,05, (4) justice, esteem dan finishing touch berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Salon Agung di Kabupaten Gianyar tahun 2013, hal tersebut ditunjukan dari nilai Fhitung = 40,994 > Ftabel = 2,70 atau p-value 0,000 < α = 0,05. Hasil analisis koefesien determinasi diperoleh 0,548, hal ini berarti besar persentase pengaruh adalah 54,8%.
Kata Kunci : kesenangan pelanggan, loyalitas pelanggan

This research aims at finding out the influence of (1) ‘justice’ toward the loyalty shown by the customers of Agung Beauty Salon in Gianyar Regency in 2013, (2) ‘esteem’ toward the loyalty shown by the customers of Agung Beauty Salon in Gianyar Regency in 2013, (3) ‘finishing touch’ toward the loyalty shown by the customers of Agung Beauty Salon in Gianyar Regency in 2013, and (4) ‘justice’, ‘esteem and ‘finishing touch’ toward the loyalty shown by the customers of Agung Beauty Salon in Gianyar Regency in 2013. Data was collected by using documentation and questionnaire methods. After that, the data was analyzed by applying multiple linear regression equation. The result of the research manifests that: (1) ‘justice’ gives significant influence toward the loyalty shown by the customers of Agung Beauty Salon in Gianyar Regency in 2013, it can be proven by the value of taccount = 3.272 > ttable = 1,98498 or p-value = 0,001 < α = 0,05, (2) ‘esteem’ gives significant influence toward the loyalty shown by the customers of Agung Beauty Salon in Gianyar Regency in 2013, this can be shown from the value of taccount = 2.022 > ttable 1,98498 or p-value = 0,046 < α = 0,05, (3) ‘finishing touch’ gives significant influence toward the loyalty shown by the customers of Agung Beauty Salon in Gianyar Regency in 2013. This can be seen from the value of taccount = 4.022 > ttable = 1,98498 or p-value = 0,000 < α = 0,05, (4) ‘justice’, ‘esteem’, and ‘finishing touch’ give significant influences toward the loyalty shown by the customers of Agung Beauty Salon in Gianyar Regency in 2013. It can be seen from the value of Faccount = 40,994 > Ftable = 2,70 or p-value 0,000 < α = 0,05. The result obtained from coefficient of determination analysis is 0,548, it indicates that the percentage of the influence is 54,8%
keyword : customer delight, customer loyalty

Diterbitkan

2014-07-11

Terbitan

Bagian

Articles