PENGENDALIAN KREDIT CEPAT AMAN (KCA) PADA PERUM PEGADAIAN CABANG MARGA TABANAN

Penulis

  • I Putu Arya Purwandana .
  • Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .
  • Luh Indrayani, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4062

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengendalian Kredit Cepat Aman (KCA) pada perum pegadaian Cabang Marga Tabanan, (2) kendala yang dihadapi dalam pengendalian KCA, dan (3) solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pengendalian KCA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pegadaian Cabang Marga Tabanan: (1) menerapkan kebijakan dalam bentuk tindakan preventif dan tindakan represif dalam pengendalian KCA, (2) dalam pengendalian KCA mengalami kendala eksternal, (3) solusi mengatasi kendala dalam pengendalian KCA yaitu nasabah diberi pemberitahuan dengan jelas agar dalam menggadaikan barang jaminan menggunakan atas nama sendiri, melakukan optimalisasi taksiran agar sesuai dengan barang yang dijaminkan, bila ada barang jaminan yang rusak maka pihak pegadaian akan mengganti rugi dan kepala kantor cabang sering turun tangan dalam membantu petugas penaksir dalam melayani nasabah.
Kata Kunci : Pengendalian, KCA, Pegadaian

This research aim to knows: (1) restraint of Fast Loans Safe on a pawnshop perum substation Marga Tabanan, (2) the obstacles encountered in controlling KCA, and (3) solution in overcoming obstacles control of KCA. This research is descriptive qualitative. Data obtained by using interview and documentation. The result of this research showed that the pawnshop substation Marga Tabanan: (1) implement policies in the form of preventive measure and repressive measure in control of KCA, (2) in control of KCA experience external constraint, (3) solutions to overcome to obstacles in control of KCA customers are given clear notice that the collateral in pawn used on it’s own behalf, optimizing estimated to fit the goods as collateral, if any collateral is damaged then the pawnshop will indemnify and head office often lend a hand in helping officer estimator in serving the customers.
keyword : Control, KCA, Pegadaian

Diterbitkan

2014-09-29

Terbitan

Bagian

Articles