STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DAN YANG BELUM DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMPN3 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v1i1.479Abstrak
AbstrakPenelitian yang mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Singaraja ini bertujuan untuk mengetahui (1) kinerja guru yang sudah bersertifikat pendidik, (2) kinerja guru yang belum bersertifikat pendidik, dan (3) perbedaan antara kinerja guru yang sudah bersertifikat pendidik dengan guru yang belum bersertifikat pendidik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode dokumentasi dan wawancara mengenai hasil kinerja dari 58 orang guru. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis perbandingan rata-rata (Independent-Samples t Test). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja guru baik yang sudah bersertifikat pendidik maupun yang belum bersertifikat pendidik sudah tergolong kategori baik dengan nilai rata-rata 89,84 dan 88,44. Berdasarkan hasil analisis komparatif dengan menggunakan SPSS 16.00 for windows, diperoleh nilai thitung sebesar 1,028 dan tTabel 0,05;56= 2,000. Hal ini berarti tidak ada perbedaan kinerja antara guru yang sudah bersertifikat pendidik dengan guru yang belum bersertifikat pendidik di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata Kunci: pembelajaran, kinerja guru, sertifikasi.