PERSEPSI GURU DAN SISWA TENTANG MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PELAKSANAAN LAYANAN DI SMP N 1 TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v1i1.482Abstrak
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi guru tentang mutu pendidik dan tenaga kependidikan, (2) persepsi siswa tentang mutu pendidik dan tenaga kependidikan, dan (3) perbedaan persepsi guru dan siswa tentang mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini berlokasi di SMP N 1 Tabanan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan independent sample t test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) persepsi guru tentang mutu pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan layanan memiliki skor rata-rata 4.173 dan tergolong dalam kategori baik (2) persepsi siswa tentang mutu pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan layanan memiliki skor rata-rata 4.104 dan tergolong dalam kategori baik, dan (3) Tidak terdapat perbedaan persepsi guru dan siswa tentang mutu pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan layanan. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian memperoleh nilai t hitung < t tabel (0,808 < 1,688) dan P value 0,431 > 0,05.
Kata Kunci: persepsi, mutu, pendidik dan tenaga kependidikan