Bauran Produk dan Harga Diskon Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Salon Tanta di Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i2.51694Kata Kunci:
Product Mix, Discount Price, Decision makingAbstrak
This study aims to determine whether the product mix and discount prices for Tanta salons can influence customers' decisions to use salon services. The sample is 40 respondents who often go to Tanta Salon. This study uses a quantitative descriptive method. Validity test, reliability test, and test are analytical techniques used in this study. Heteroscedasticity Test, Multiple Linear Regression Analysis, Autocorrelation, Normality, Multicollinearity, and Coefficient of Determination. The results of this study show that the product mix and discount prices at Tanta Salon Pematangsiantar have a good and significant influence on decision making. Product mix variables and discounted prices can explain 43.7 percent of decision-making variables (adjusted R square number 0.437). Other factors outside the scope of this research model influence or explain the remaining 56.3%.
Referensi
Abdillah, W., & Herawati, A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(2), 309–325. https://doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338
Asrori, I. (2020). Strategi Penentuan Harga Pada Rumah Makan. Fokus : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang., 18(1). https://doi.org/10.51826/fokus.v18i1.399
Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cetakan 5. In Bandung: CV Alfabeta.
Dermawan, R. (2019). Pengambilan Keputusan Landasan Filosofis, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Didik Hariyanto. (2009). Memenangkan Persaingan Bisnis Produk Farmasi Melalui Marketing Public Relations. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(1), 38–44. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18084
Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8
Febriani, C., Nurendah, Y., & Morita, M. (2021). Aplikasi Bauran Promosi Pada Hotel Royal Padjadjaran Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i1.564
Gemina, D., & Rosadi, A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Strategi Kepuasaan Pelanggan Pada Niki Sae Building Bogor. Jurnal Visionida, 4(1), 1. https://doi.org/10.30997/jvs.v4i1.1307
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manjemen Pemasaran Jasa. Jakarta, Indonesia: Salemba Empat.
Maghfiroh, A., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan Jurnal Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1592
Maharani, I.G.A.P.D., and Darma, G. . (2018). Consumer Purchasing Behavior Analysis on Impulse Buying. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 15(3), 16–37.
Makmur, & Saprijal. (2017). Strategi Pemasaran Dalaam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Cano Ekonomos, 3(1), 41–56. Retrieved from http://e-journal.upp.ac.id/index.php/Cano/article/view/1260
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1). https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.9
Mindari, E. (2020). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Roti Isi Krim Durian (JORDAN BAKERY) Di Desa Rantau Sialang Kecamatan Sungai Keruh. Jurnal Ekonomika, 11(2). https://doi.org/10.35334/jek.v11i2.1437
Mustikasari, A., & Widaningsih, S. (2017). Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 95. https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.315
Rachman, A., & Paramita, P. D. (2019). Strategi Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Minat Beli Ulang Melalui Bauran Pemasaran,Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Pada Pt.Intertobacco Utama Industry Kudus. Journal of Management, 3(3), 1–11.
Riyono. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang.
Saleh, S. (2020). Pengaruh Product Mix (Bauran Produk) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Jambura, 3(2), 55–62. Retrieved from https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/download/7829/2364
Santosa. (2021). Menyikapi Bisnis Jasa Pariwisata melalui Bauran Pemasaran. Media Wisata, 2(2). https://doi.org/10.36276/mws.v2i2.38
Sari, I., Anindita, R., & Setyowati, P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. HABITAT, 29(2), 57–64. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7
Sheilamida Nanda Muhaeni, Phatriakalista Intan Apsari, Moh.Yusron, A. S. (2022). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Produk Tabungan Easy Wadiah. MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 2(1), 29–42.
Singh, M. (2012). Marketing Mix of 4P’S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management, 3(6), 40–45. https://doi.org/10.9790/487x-0364045
Sukotjo, H., & Radix, S. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klink Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis.
Sutrsino, N. A.-R. R. A., Widodo, J., & Zulianto, M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk RM Ayam Bakar WONG SOLO Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 259. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8568
Syahrizal, A., & Setiawan, H. (2019). Strategi Pemasaran Tabungan Wadi’ah Simpatik pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kuala Tungkal. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 88 – 106.
Walean, R. H., Harianja, H., & Karwur, E. N. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Carrefour Transmart Kawanua. Klabat Journal of Management, 1(2), 20. https://doi.org/10.31154/kjm.v1i2.512.20-40
Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.