HUBUNGAN STRATEGI PEMASARAN BANK DENGAN KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI CABANG TABANAN TAHUN 2013

Penulis

  • Gusti Ayu Resti Purnama Dewi .
  • Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .
  • Luh Indrayani, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5266

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)hubungan strategi produk bank, (2)strategi suku bunga bank, (3)strategi lokasi bank dan (4)strategi promosi bank dengan (y)kepuasan nasabah pada PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Tabanan Tahun 2013. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner dan dokumentasi, dianalisis dengan analisis korelasi dibantu dengan SPSS 16.0 for windows. Subjek dalam penelitian ini adalah nasabah PT.Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Tabanan sedangkan objeknya adalah strategi produk bank, strategi suku bunga bank, strategi lokasi bank, strategi promosi bank dan loyalitas nasabah. Hasil penelitian menunjukkan (1) strategi produk bank berhubungan dengan kepuasan nasabah dapat dilihat dari perhitungan nilai r = 0,876 < ttabel = 0.349 atau p-value= 0,000 <α=0,05 (2) strategi suku bunga bank berhubungan dengan kepuasan nasabah dapat dilihat dari nilai r = 0,472< ttabel = 0.349 atau p-value= 0,000 <α=0,05 (3) strategi lokasi bank berhubungan dengan kepuasan nasabah dapat dilihat dari nilai r = 0,799 < ttabel = 0.349 atau p-value= 0,000 <α=0,05 (4) strategi promosi bank berhubungan dengan kepuasan nasabah dapat dilihat dari menunjukan nilai r = 0,173 < ttabel = 0.349 atau p-value= 0,000 <α=0,05
Kata Kunci : kepuasan nasabah dan strategi pemasaran

This study aims to determine(1) the correlation bank's product strategy, (2) a strategy in interest rates, (3) strategic location of the bank and (4) the bank's promotional strategy (y) customer satisfaction at PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Branch Tabanan Bali in 2013. This study includes a quantitative descriptive. Data were collected by questionnaire and documentation, analyzed by correlation aided by SPSS 16.0 for Windows. Subjects in this study were clients of PT Bank Bali Regional Development Branch Tabanan while the object is a bank product strategy, strategy of the bank rate, bank location strategies, promotional strategies and customer satisfaction bank. Results showed (1) the bank's product strategy reladed to customer satisfaction can be seen from the calculation of r = 0,876 < ttabel = 0.349 atau p-value= 0,000 <α=0,05 (2) strategy in interest rates reladed to customer satisfaction can be seen from the calculation of r = 0,472< ttabel = 0.349 atau p-value= 0,000 <α=0,05 (3) the location of the bank strategy reladed to customer satisfaction can be seen from the calculation r = 0,799 < ttabel = 0.349 atau p-value= 0,000 <α=0,05 (4) the promotion strategy of banks reladed to customer satisfaction can be seen from the calculation of r = r = 0,173 < ttabel = 0.349 atau p-value= 0,000 <α=0,05.
keyword : customer satisfaction and marketing strategy

Diterbitkan

2015-07-22

Terbitan

Bagian

Articles