Pengaruh Pembelajaran Ekonomi, Literasi Ekologi, dan Program Sekolah Adiwiyata terhadap Perilaku Konsumsi Ramah Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Ajibarang

Penulis

  • Samini Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Herman Sambodo Universitas Jenderal Soedirman
  • Sofiatul Khotimah Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i2.53612

Kata Kunci:

Economic, Ecological, Adiwiyata, Consumption Behavior

Abstrak

The understanding of economic learning by students has not been fully implemented in everyday life; the understanding of students of SMA Negeri 1 Ajibarang regarding ecological literacy is still low; the implementation of the Adiwiyata school program has not been maximized in seeking environmentally friendly consumption behavior for students. This research is a quantitative research conducted on students of SMA Negeri 1 Ajibarang class X, XII IPS and XII IPS with the aim of analyzing the influence of economic learning, ecological literacy, and adiwiyata school programs on the environmentally friendly consumption behavior of SMA Negeri 1 Ajibarang students. The population in this study was students of classes X, XI social studies and XII social studies at SMA Negeri 1 Ajibarang, with a total of 612 students. The samples used were taken from 86 respondents using accidental sampling techniques. The results of the research and data analysis obtained show that first, economic learning has a positive effect on students' environmentally friendly consumption behavior; second, ecological literacy positively affects students' environmentally friendly consumption behavior; and third, the adiwiyata school program does not have a positive effect on students' environmentally friendly consumption behavior.

Referensi

A’yuni, D. S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Ekonomi, Lingkungan Sosial Budaya, dan Sikap Berkonsumsi terhadap Perilaku Konsumsi yang Berkarakter. Al-’Adalah : Jurnal Syariah Dan Hukum Islam, 2(3), 193–204. https://doi.org/10.31538/adlh.v2i3.428

Afandi, A. (2021). Pentingnya Literasi Lingkungan dalam Pembelajaran Abad 21. 685-689, July.

Afrianda, R., Yolida, B., & Marpaung, R. R. (2019). Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Bioterdidik, 7(1), Hal. 32-42.

Akhwani, & Romdloni, M. A. (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Ari, Z. (2018). Pengaruh Pembelajaran Ekonomi terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas XI IPS MAN 2 Pontianak. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Atmojo, C. T. (2016). Pengaruh Predikat Sekolah Adiwiyata dan Pembelajaran Ekonomi terhadap Perilaku Ekonomi Berwawasan Lingkungan pada Siswa Jurusan IPS MAN 1 Jombang. National Conference On Economic Education, 290–303.

Bahrudin, M. D. F. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), Hal. 25-37. https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/download/5954/4719. Diunduh 14 Oktober 2021

Cruz, M. U. M., & Prabawani, B. (2017). Konsumen Ramah Lingkungan: Perilaku Konsumsi Hijau Civitas Academica Universitas Diponegoro. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 39–47.

Erni, R., Warneri, & M.Basri. (2013). Pengaruh Pembelajaran Ekonomi dan Status Sosial Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Fitri, I., & Simanjuntak, M. (2022). Peningkatan Perilaku Konsumsi Hijau Konsumen Muda Indonesia. Jurnal Pertanian, Kelautan, Dan Biosains Tropika, 4(3), 1–9.

Geoportal Data Bencana Indonesia, B. N. P. B. (2022). Kejadian Bencana per Provinsi Tahun 2022. Https://Gis.Bnpb.Go.Id/. https://gis.bnpb.go.id/

Kasih, N. Y., Wahjoedi, & Widjaja, S. U. M. (2016). Pola Perilaku Konsumsi Hijau Pada Siswa SMA. National Conference On Economic Education, 1173–1181. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/786

Kemendikbud, S. G. L. S. (2019). Gerakan literasi sekolah (K. L. Pangesti Wiedarti (ed.)). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2020). Status Lingkungan Hidup Indonesia 2020. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata (Permen LHK Nomor 5 Tahun 2013). Lembaran Negara Republik Indonesia 2013, 2011, 12–26.

Nada, H. N., Fajarningsih, R. U., & Astirin, O. P. (2020). Sekolah Adiwiyata untuk Menumbuhkan Perilaku Green Consumption pada Warga Sekolah SMP Negeri 1 Wajak. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek, 101–106.

Naziyah, S., Akhwani, Nafiah, & Hartatik, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Nunez, M., & Clores, M. (2017). Environmental literacy of K–10 student completers. International Journal of Environmental & Science …, 12(5), 1195–1215. http://www.ijese.net/makale_indir/IJESE_1885_article_59676e904ab3f.pdf

Nurkholisoh. (2020). Pengaruh Pembelajaran Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Siswa MAN 1 Kota Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurlaili, E. I., Wahjoedi, & Widjaja, S. U. M. (2016). Menumbuhkan Perilaku Ekonomi Berwawasan Lingkungan Warga Sekolah Melalui Program Adiwiyata. National Conference On Economic Education. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/735

Nurumudin, D. H. S. & M. (2020). Valuasi Ekonomi Degradasi Lingkungan Akibat Alih Fungsi Lahan Di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Jurnal Sains Dan Teknologi Lingkungan, 12(2), 121–130.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334

Pahru, S., Akbar, S., & Hitipeuw, I. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. 119–127.

Rahmatullah, R. (2018). Pembelajaran Ekonomi Berjatidiri Bangsa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5055

Santoso, R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(2), 1976–1982. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982

Setyanto, R. P. (2018). Perilaku Konsumsi Sadar Ekologis: Pendekatan Pemodelan Multiple Indicator Multiple Causes. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(01).

Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. (2021). Data Timbulan Sampah 2021. SIPSN KLHK. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

Solekha, D. (2019). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata Mandiri Di SMA Negeri 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. In Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Bandung: Alfabeta.

Waskito, J., & Harsono, M. (2012). Green

Diterbitkan

2022-12-18

Terbitan

Bagian

Articles