ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN PRODUK SEPEDA MOTOR MATIK TIPE SCOOPY DENGAN METODE KUADRAT TERKECIL PADA PT. MERTHA BUANA MOTOR TAHUN 2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.6395Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat penjualan produk sepeda motor matik tipe Scoopy pada PT. Mertha Buana Motor tahun 2010-2014, dan (2) kecenderungan tingkat penjualan matik tipe Scoopy dengan Metode Kuadrat Terkecil pada PT. Mertha Buana Motor tahun 2015. Selanjutnya penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode kuadrat terkecil. Hasil penelitian ini adalah (1) tingkat penjualan sepeda motor matik tipe Scoopy tahun 2010 sampai dengan 2014 mengalami peningkatan dan penurunan setiap tahunnya. Jumlah tingkat penjualan sepeda motor matik Scoopy dari tahun 2010 sampai dengan 2014 berjumlah 404 unit. Tingkat penjualan produk Scoopy paling tinggi terjadi pada tahun 2010 dan 2014 sebanyak 100 unit dan tingkat penjualan sepeda motor matik tipe Scoopy paling rendah terjadi pada tahun 2011 dengan tingkat penjualan produk sebesar 50 unit. (2) Ramalan tingkat penjualan produk Scoopy tahun 2015 yang dianilisis dengan metode kuadrat terkecil 87 unit.Kata Kunci : metode kuadrat terkecil, penjualan produk, ramalan penjualan
This study aims to determine (1) the level of product sales Scoopy motorcycle-type automatic on PT. Mertha Buana Motor in 2010-2014, and (2) the tendency of the rate of sales-type automatic Scoopy with Least Squares Method at PT. Mertha Buana Motor 2015. Furthermore, this study analyzed the quantitative and descriptive analysis using the least squares method. Results of this study were (1) the rate of motorcycle sales-type automatic Scoopy 2010 to 2014 have increased and decreased every year. The number of levels automatic Scoopy motorcycle sales from 2010 through 2014 amounted to 404 units. Scoopy product sales rate is highest in 2010 and 2014 as many as 100 units and motorcycle sales level automatic Scoopy type the lowest occurred in 2011 with the level of product sales by 50 units. (2) The forecast level of sales of products Scoopy 2015 that analyzed by the least squares method as many as 87 units.
keyword : least squares method, sales of product, sales forcast
Diterbitkan
2016-01-28
Terbitan
Bagian
Articles