Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dengan Variabel Intervening Kepuasan Konsumen di Pizza Hut Kota Pamekasan

Penulis

  • Aldila Septiana STKIP PGRI Bangkalan
  • Aulia Dawam STKIP PGRI Bangkalan
  • Manah Tarman STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.66016

Kata Kunci:

Consumer Loyalty, Consumer Satisfaction, Atmosphere, Service Quality

Abstrak

With the expansion of the Pizza Hut business in big cities, it tries to expand its business network. One way is to open a branch in Pamekasan City with district scope, which targets the middle to lower economic community. The purpose of this study was to see and analyze the effect of price, service quality, and atmosphere simultaneously influencing consumer loyalty with the intervening variable of customer satisfaction at Pizza Hut, Pamekasan City. The results showed that there was a significant influence of price, service quality, and atmosphere variables on loyalty through customer satisfaction. This can be seen from the results of the F test on the variables of price, service quality, and atmosphere on loyalty through customer satisfaction, it is obtained an F table of 4.18 < F count of 12.947, so Ho is rejected and Ha is accepted. In particular, the price also adjusts to the purchasing power of the people belonging to the district level. The quality of service provided by Pizza Hut in Pamekasan City can be said to be good, but it must also pay attention to local wisdom and be sustainable (recruiting local human resources in Pamekasan Regency).

Biografi Penulis

Aldila Septiana, STKIP PGRI Bangkalan

 

 

 

 

Aulia Dawam, STKIP PGRI Bangkalan

 

 

 

Manah Tarman, STKIP PGRI Bangkalan

 

 

 

Referensi

Ariyanti, Widyaningsih Putri., Hermawan, Haris., dan Izzudin, Ahmad. (2022). PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik IX(1).

Khairusy, Mirza Abdi. (2021). Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Moderating (Survei pada Konsumen PT. Astra Internasional Daihatsu Sales Operation Cabang Pondok Pinang). Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS) 87(1).

Krisjayanti, Monika., dan Hermani, Agus. (2016). Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan ICOS Cafe). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Kurniasih, Indah Dwi. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Variabel Kepuasan (Studi Pada Bengkel Ahass 0002-Astra Motor Siliwangi Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis I(1).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. Prenhallindo: Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid Satu, Edisi Keduabelas. Cetakan Ketiga. Penerbit Indeks: Jakarta.

Napitulu, Ferdinand. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. KINERJA: Journal FEB Unmul 16(1).

Norhermaya, Yashinta Asteria., dan Santoso, Harry. (2016). Diponegoro Journal of Management 5(3).

Saputri, Rini Sugiarsih Duki. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang.

Sari, N. L. P Dea Alvionita., dan Mayasari, N. M. Dwi Ariani. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Grosir Tirta Yasa Kecamatan Banjar. Jurnal Manajemen dan Bisnis 4(1).

Septiana, Aldila. dan Jumiati, Siti. (2021). Strategi Pemasaran Tabungan Tarbiyah Dengan Akad Mudharabah (Studi Kasus Di BPRS SPM Cabang Bangkalan). Jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi 5(1).

Sholihah, Isna Aminatus. (2020). Pengaruh Suasana Cafe dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Di Merdeka Cafe Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 8(1).

Supertini, N. P. S., Telagawathi, N. L. W. S., dan Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap loyalitas Pelanggan pada Pusaka Kebaya Di Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis 2(1).

Suryandriyo, Baskoro. (2018). Hubungan Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan, Suasana dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran. Jurnal Universitas Islam Indonesia.

Wijaya, Alfi Sukma. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Counter HP “Jati Bird” Semarang. Udinus Repo.

Diterbitkan

2023-07-31

Terbitan

Bagian

Articles