Argumentative Skill: Sebuah Hasil dari Proses Pembelajaran melalui Model Inquiry pada Siswa Madrasah Aliyah
Isi Artikel Utama
Abstrak
Argumentasi merupakan suatu kegiatan untuk menjelaskan berbagai fenomena. Namun kedudukan dalam proses pembelajaran terkadang masih kurang digunakan sebagai komponen utama dalam tingkatan aspek keterampilan. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keterampilan argumentasi dalam ranah pembelajaran melalui model inquiry. Metode penelitian dilakukan secara kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan terhadap 36 siswa kelas XI berdasarkan teknik purposive sampling. Kemampuan argumentasi dibatasi hanya untuk argumentasi tertulis yang dapat dilihat dari jawaban soal uraian yang diberikan. Pedoman penentuan komponen argumentasi berisi indikator mengenai komponen argumentasi berdasarkan Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) meliputi claim, grounds, warrant, backing, dan qualifiers. Data dianalisis secara kuantitatif dengan uji t. Hasil analisis menunjukkan dengan menggunakan uji t dependent untuk pretest dan posttest didapatkan nilai thitung = ˗0,19 dan ttabel = -2,04 sehingga hasilnya thitung < -ttabel. Kesimpulan menjelaskan skor hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan. Implikasi hasil penelitian ini pentingnya membiasakan model inquiry untuk melatih keterampilan berargumentasi.
Rincian Artikel
Referensi
Abidin, Y. (2012). An authentic assessment model in the teaching and learning of character education-based reading comprehension. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.1074/jbc.M207829200
Brodsky, L., & Falk, A. (2014). Teacher’s Toolkit: Scientific Explanations and Arguments: Building New Science Content Knowledge Through Argumentation. Science Scope. https://doi.org/10.2505/4/ss14_037_09_12
Clandinin, D. J., & Caine, V. (2013). Narrative inquiry. In Reviewing Qualitative Research in the Social Sciences. https://doi.org/10.4324/9780203813324-13
Creswell, J. W. (2013). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Crowell, A., & Kuhn, D. (2014). Developing Dialogic Argumentation Skills: A 3-year Intervention Study. Journal of Cognition and Development. https://doi.org/10.1080/15248372.2012.725187
Dewina, S., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Menganalisis Dan Keterampilan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.748
Erduran, S. (2018). Toulmin’s argument pattern as a “horizon of possibilities” in the study of argumentation in science education. Cultural Studies of Science Education. https://doi.org/10.1007/s11422-017-9847-8
Garcia-Mila, M., Gilabert, S., Erduran, S., & Felton, M. (2013). The Effect of Argumentative Task Goal on the Quality of Argumentative Discourse. Science Education. https://doi.org/10.1002/sce.21057
Hasani, A. (2016). Enhancing Argumentative Writing Skill through Contextual Teaching and Learning. Educational Research and Reviews. https://doi.org/10.5897/ERR2016.2806
Heitmann, P., Hecht, M., Schwanewedel, J., & Schipolowski, S. (2014). Students’ Argumentative Writing Skills in Science and First-Language Education: Commonalities and differences. International Journal of Science Education. https://doi.org/10.1080/09500693.2014.962644
Hermawati, N. W. M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA.
Hsu, C. C., Chiu, C. H., Lin, C. H., & Wang, T. I. (2015). Enhancing skill in constructing scientific explanations using a structured argumentation scaffold in scientific inquiry. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.09.009
Jaber, L. Z., & Hammer, D. (2016). Learning to Feel Like a Scientist. Science Education. https://doi.org/10.1002/sce.21202
Lahadisi. (2014). Inkuiri: Sebuah Strategi Menuju Pembelajaran Bermakna. Jurnal Al-Ta’dib.
Macagno, F., & Konstantinidou, A. (2013). What Students’ Arguments Can Tell Us: Using Argumentation Schemes in Science Education. Argumentation. https://doi.org/10.1007/s10503-012-9284-5
Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (Adi) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.747
Nasution, E. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berargumentasi Ilmiah Pada Siswa Melalui Model Pembelajaran Argument- Driven Inquiry (ADI). JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP). https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/375
Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., … Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003
Pudjantoro, P. (2015). Sikap Kritis Dan Keterampilan Berargumentasi. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jppkn.v28i2.5455
Setyaningsih, A., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Parmin, P. (2019). Pengaruh pembelajaran process oriented-guided inquiry learning berkonteks isu-isu sosiosaintifik dalam pembelajaran asam basa terhadap keterampilan berargumentasi siswa SMA kelas XI. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.20693
Umair, M., Altaf, M., & Abbasi, A. M. (2017). An ethnobotanical survey of indigenous medicinal plants in Hafizabad district, Punjab-Pakistan. PLoS ONE. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0177912
Wentzel, A. (2017). A Guide to Argumentative Research Writing and Thinking. A Guide to Argumentative Research Writing and Thinking. https://doi.org/10.4324/9781315175676