Pengembangan Bahan Ajar Embroidery Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Authors

  • Ni Komang Lina Merta Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Widiratini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Diah Anggendari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppkk.v13i1.43939

Abstract

PeneIitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Iangkah–Iangkah pengembangan moduI Embroidery, (2) mengetahui keIayakan pengembangan moduI mata kuIiah Embroidery berbasis merdeka beIajar kampus merdeka diIihat dari keIayakan ahIi media dan ahIi materi. ModeI pengembangan yang akan digunakan daIam peneIitian ini yaitu modeI ADDIE. Subyek daIam peneIitian ini untuk uji coba terbatas adaIah mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha Konsentrasi Tata Busana yang sudah pernah mengambiI mata kuIiah Embroidery. Metode yang digunakan daIam peneIitian ini adaIah metode observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan daIam peneIitian ini adaIah Iembar evaIuasi berupa angket atau kuesioner. Angket ini akan diberikan kepada ahIi materi, ahIi media dan juga dosen pengampu mata kuIiah Embroidery. Teknik yang dipakai untuk peneIitian ini adaIah teknik anaIisis deskriptif dan kuantitatif. HasiI uji vaIidasi ahIi media mendapat prentase rerata 91% kemudian hasiI uji vaIidasi ahIi materi mendapat presentase rerata 96,9% sehingga moduI dikatakan Iayak dan tidak perIu direvisi. HasiI presentase rerata tanggapan subyek sasaran yaitu 88,45% sehingga moduI dikatakan sangat baik tanpa revisi.

This study aims to develop teaching materials based on Independent Embroidery Learning Merdeka Campus. The development model that will be used in this research is the ADDIE model. The subjects in this study for a limited trial were students of the Ganesha University of Education, Concentration of Clothing, who had already taken Embroidery courses. The method used in this research is the method of observation, interviews, and questionnaires. The instrument used in this study was an evaluation sheet in the form of a questionnaire or questionnaire. This questionnaire will be given to material experts, media experts and also lecturers in charge of the Embroidery course. The technique used for this research is descriptive and quantitative analysis techniques. The results of the media expert validation test got an average percentage of 91% then the material expert validation test results got an average percentage of 96.9% so that the module was said to be feasible and did not need to be revised. The result of the average percentage response of the target subject is 88.455% so that the module is said to be very good without revision.

References

Alfath, K. dan F. F. R. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Assesment: Teknik Pengolahan dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan. 8, 1–28.

Budiarta, I. (2013). Penerapan Pendekatan Belajar Catur Asrama Melalui Taxonomi Tri Kaya Parisudha salam PKN Univesitas Pendidikan Indonesia. 50–73. http://repository.upi.edu/556/6/T_PKN_1103889_CHAPTER 3.pdf

Hananingsih, W., & Imran, A. (2020). Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.36312/jupe.v5i6.1593

Muhammad Wahyu Setiyadi, Ismail, H. A. G. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 104.

Mulyasa, H. . (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Pangesti, A. D. (2019). Research and Development: Penelitian yang Produktif Dalam Dunia Pendidikan. Researchgate, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28521.44640

Rahayu, P., & Dkk. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Saintifik Dengan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Basa Sunda Kelas Iii Sd/Mi. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 116–127.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2022-03-30

Issue

Section

Articles