Pengembangan Media Video Body Massage Untuk Menunjang Pembelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) Dan Waxing Di Smk Negeri 3 Kota Bima

Authors

  • Widad Azizah mahasiswa
  • I Dewa Ayu Made Budhyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Widiartini Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

media video, body massage, gerakan pijat jawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan produk berupa media video Body Massage pada mata pelajaran Perawatan-Wajah,-Badan-(Body Massage) dan-Waxing di SMK Negeri 3 Kota Bima, (2) memperoleh kelayakan pengembangan media video Body Massage dalam menunjang pembelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing di SMK Negeri 3 Kota Bima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau R&D dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Pengujian media video penelitian ini dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan uji responden oleh 30 siswa kelas XI Tata Kecantikan .Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media video Body Massage dengan model pengembangan ADDIE melalui tahap a) Analysis, kebutuhan dan analisis materi. b) Design, storyboard dan scrip. c) Development yaitu produksi media video berdasarkan desain yang telah dibuat. d) Implementation uji coba produk terhadap peserta didik. e) Evaluation yaitu evaluasi terhadap media video. (2) Kelayakan media video Body Massage dinyatakan sangat layak digunakan untuk menunjang proses pembelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing di SMK Negeri 3 Kota Bima dilihat dari aspek materi pembelajaran, tampilan dan program media video serta luaran/output. Dibuktikan dengan hasil kelayakan 30 siswa terhadap media video Body Massage adalah “Sangat Layak” rerata 4,9 dan presentase 99,3%.

References

Abiyoga, B., & Rahmiati, R. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah, Badan (body massage) dan Waxing di SMK. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2). Diakses pada 1 November 2021 dari https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41038

Alobaid, A. 2020. Smart Multimedia Learning of ICT: Role and Impact on Language Learners’ Writing Fluency YouTube Online English Learning Resources as an Example. Smart Learning Environments, 7(1), 1-30. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00134-7

Atmaja, H. T. 2019. Pelatihan dan pendampingan pembuatan dan pemanfaatan media audio-visual interaktif dalam pembelajaran sejarah yang berbasis pada konservasi kearifan lokal bagi MGMP sejarah Kabupaten Banjarnegara. JURNAL PANJAR: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131-140. Diakses pada 17 Juli 2022 dari https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29722

Astuti, M., Rahmiati, R., Novita, S. Z., & Oktarina, R. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Kuliah Perawatan Kulit Wajah. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(2), 52-58. Diakses pada 1 November 2021 dari https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.250

Daryanto, D. 2013. Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ermavianti, D., & Susilowati, A. 2020. perawatan wajah, badan (body massage) dan waxing. (B. Tyas, Ed.) yogyakarta: Penerbit Andi

Maulana, M. I., & Junianto, E. 2022. Penerapan Model ADDIE dalam Pembuatan Permainan Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Android. Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, 4(1), 12-22. Diakses pada 3 juni 2022 dari https://doi.org/10.51977/jti.v4i1.680

Ramli, M. 2012. Media dan Teknlogi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press

Riany, R. 2012. Karakteristik Dan Tuntutan Perkembangan Sekolah Menengah Kejuruan. Statement Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan, 2(2), 81-98.

Riyana, C. 2012. Media pembelajaran. KEMENAG RI. . Diakses pada tanggal 2 November 2021 dari

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ku0_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=cepy+riyana+2012&ots=cg4Sbz7nYH&sig=TzPQixK-vODI7XQKPsmCJiFVaQg&redir_esc=y#v=onepage&q=cepy%20riyana%202012&f=false

Suci, A. L., & Wahidah, S. 2022. Pengembangan Video Tutorial Teknik Pengurutan Badan (Massage) Pada Siswa SMK Negeri 8 Medan. Flawless: Jurnal Pendidikan Tata Rias, 3(1). Diakses pada 23 April 2022 dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/flawless/article/view/33917

Suryansyah, T. & Suwarjo. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, (Online), 4 (2): 209-221. Diakses pada 12 Juni 2022 dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/8393

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tanjung, S. T., & Tanjung, N. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Pada Mata Pelajaran Pengantin Tradisional Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan. Flawless: Jurnal Pendidikan Tata Rias, 2(2). Diakses pada 23 April 2022 dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/flawless/article/view/33910

Tegeh, Made I. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendiidikan dengan Model ADDIE.

Tohari, H., Mustaji, Nf., & Bachri, B. S. 2019. Pengaruh Penggunaan YouTube terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p1--13

Wulandari, D. A., & Pritasari, O. K. 2020. Pengembangan media Pembelajaran Video Tutorial Rias Wajah Sehari Hari untuk meningkatkan Hasil Praktek Kelas X SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Tata Rias, 9(2). Dikses pada 7 Desember 2021 dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/34268

Yendrita, Y., & Syafitri, Y. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26-32. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/620

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles