Pengembangan Modul Perawatan Kulit Wajah Dengan Teknologi
Keywords:
Bahan Ajar, Modul, Perawatan Kulit Wajah, Perawatan TeknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pegembangan modul bahan ajar perawatan kulit wajah dengan teknologi. 2) mengetahui penilaian kelayakan modul bahan ajar perawatan kulit wajah dengan teknologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima langkah, yaitu: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Subjek dalam penelitian ini yakni 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 6 siswa tata kecantikan SMK Negeri 2 Singaraja yang telah mengikuti pembelajaran perawatan kulit wajah dengan teknologi untuk uji kelompok kecil. Teknik analisis data ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan modul bahan ajar perawatan kulit wajah dengan teknologi menghasilkan 3 pengembangan materi pembelajaran yang diharapkan dapat digunakan sebagai bantuan belajar mandiri bagi siswa. 2) penilaian kelayakan modul bahan ajar perawatan kulit wajah dengan teknologi mendapatkan hasil melalui uji coba para ahli yaitu, ahli isi materi mendapat penilaian dengan persentase rerata 95,7%, hasil uji coba ahli media mendapat persentase rerata 90,4% sehingga modul dikatakan sangat layak dan tidak perlu direvisi. Pada uji coba kelompok kecil modul bahan ajar perawatan kulit wajah dengan teknologi mendapat persentase rerata yaitu 93,33%, sehingga hasil uji kelayakan modul dinyatakan sangat layak tanpa revisi.
References
Al Maidah, Arshy. 2015. Pengembangan Modul Tematik Sebagai Penunjang Bahan Ajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Patuk 1 Gunungkidul. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Lalu A. Hery Qusyairi. 2020. “Pemanfatan Media Dalam Metode Simulasi Pada Pembelajaran PAI”
Purwanto dkk. 2007.”Pengembangan Modul”. Pendidikan PUSTEKKOM Depdiknas.
Wajah Dengan Teknologi”. Padang
Santyasa, I W. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Nusa Penida Kabupaten Klungkung.
Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tegeh, I Made. dkk. 2014. “Model Penelitian Pengembangan Pendidikan”. Singaraja: Yogyakarta Graha Ilmu.
Wijaya, Cania. 2018. “Job Sheet Perawatan Kulit Wajah Berjerawat Dengan Alat Listrik”.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal BOSAPARIS : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.