Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Rias Wajah Panggung
Keywords:
media pembelajaran, tata rias wajah panggung, video tutorial, learning media, stage make-up, video tutorialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran tata rias wajah panggung, 2) mengetahui respon siswa dalam uji kelompok kecil terhadap media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran tata rias wajah panggung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan, yaitu analyze (menganalisis), design (mendesain), development (mengembangkan), implement (menerapkan), dan evaluate (mengevaluasi). Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data menggunakan observasi dimana data dikumpulkan dari penyebaran angket. Penelitian ini melibatkan 2 orang ahli isi/materi, 2 orang ahli media, dan 6 orang siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengembangan media berbasis video tutorial pada mata pelajaran tata rias wajah panggung berhasil dilakukan dengan menggunakan model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan uji materi/isi diperoleh rata-rata skor 95,78% termasuk kategori sangat tinggi dan uji terhadap media diperoleh rata-rata skor 96,81% termasuk kategori sangat tinggi. Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran Tata Rias Panggung menunjukkan respon positif dengan rata rata skor 94,2%.
This study aimed to 1) describe the development of learning media based on video tutorials on stage makeup subjects, and 2) determine student responses in small group tests to video tutorial-based learning media on stage makeup subjects. This research was research and development using the ADDIE model with stages, namely analyze, design, development, implement, and evaluate. The technique used in data collection was observation in which data were collected from the distribution of questionnaires. This study involved 2 content/material experts, 2 media experts, and 6 students. The type of data in this study is descriptive qualitative and quantitative data. The results of this study indicated that 1) the development of video tutorial-based media on stage makeup subjects was successfully carried out using the ADDIE model, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This study involved two experts, namely content experts who showed 95.78% test results and media experts 96.81%; and 2) Students showed a positive attitude in an average interval of 94.2 in which students got benefits from the development of the video tutorial-based learning media.
References
Alfu, N., & Yati. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin. Jurnal Studi Gender Dan Anak, Vol.I2, No 2, 174–187.
Bafadal, I. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Bangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV Di Sdn Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol.6, No.1, 45–50.
Ikadestanti, R., & Supriani, N. (2017). The implementation of tutorial video to improve students’ skill in writing procedure text. Journal of English Language and Language Teaching, Vol. 1, No 1.
Lowther, D. L., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2011). Instructional technology & media for learning teknologi pembelajaran dan media untuk belajar (terjemahan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media pembelajaran matematika berbasis kartun untuk menurunkan kecemasan siswa. Desimal:Jurnal Matematika, Vol 1, No 1, 101–106.
Mandalika, & Syahril. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran pada mata kuliah tata rias pengantin Indonesia. Journal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, Vol.20, No 1.
Muhardi. (2004). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Journal Pendidikan, Vol 20, No 4, 345–346.
Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rustaman, N. (2007). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Imperial Bhakti Utama.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No 1, 43–48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal BOSAPARIS : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.