Pengembangan Busana Pesta dengan Sumber Ide Tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppkk.v14i1.58835Keywords:
Busana Pesta, Sumber Ide, PPEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembuatan busana pesta dengan sumber ide tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon; (2) hasil pengembangan busana pesta dengan sumber ide tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development), dengan menggunakan model penelitian pengembangan PPE (Planning, Production, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli produk. Metode pengumpulan data berupa kuisioner. Data dianalisis dengan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan busana pesta dengan sumber ide tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon melalui tiga tahap, yaitu (a) tahap planning (perencanaan) merupakan tahap pertama dalam menentukan sumber ide yang akan menjadi acuan dalam pembuatan desain busana, (b) tahap production (produksi) merupakan tahap kedua dalam proses pembuatan produk berupa busana pesta, dan (c) tahap evaluation (evaluasi) merupakan tahap terakhir untuk melakukan uji produk; (2) hasil pengembangan busana pesta dengan sumber ide tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon meliputi kesesuaian desain busana pesta yang dikembangkan dan bentuk busana pesta. Hasil yang diperoleh dari uji ahli produk dengan tingkat pencapaian 93,75%, maka hasil pengembangan produk dapat dikatakan sangat baik.
References
A.Riyanto, A. (2009). Modul Dasar Busana Program Studi Pendidikan Tata Busana. Yayasan Penerbit Universitas Pendidikan Indonesia.
Agustini. (2018). Pengembangan Busana Pesta Malam dengan Sumber Ide dari Mitologi Kerajaan Yunani. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(3).
Antara. (2019). Perang Ketupat, Tradisi Warga Desa Kapal Bali untuk Memohon Kemakmuran. JPNN.Com. https://www.jpnn.com/news/perang-ketupat-tradisi-warga-desa-kapal-bali-untuk-memohon-kemakmuran?page=2
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Artatik, I. G. A. K. (2019). Mesalaran (Metimpugan) di Desa Adat Padang Luwih Tradisi Agraris di Tengah Arus Alih Fungsi Lahan Pertanian (I. G. A. Y. Bhaskara (ed.)). UNHI PRESS.
Hana. (2020). Avant Garde. https://elmodista.com/2020/02/10/avant-garde/
Haryawati, I. L. A. (2019). Pembuatan Busana Fantasi dengan Sumber Ide Dramatari Calonarang. Jurnal Bosaparis :Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 10(3).
Sudirtha, I. G. N. W. R. A. dan I. dewa A. M. B. (2021). Fantasy Clothing Development With El Nino Phenomenon As The Source Of Idea. Psychology and Education.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.
Supriadi, M. L. Z. (2019). Perang Tpat Bantal Desa Adat Kapal (Aci Rah Penganggon). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2).
Tegeh, I Made, D. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Trisnawati, T. Y. (2011). Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri dalam Komunikasi. The Messenger, III(1).
Widarwati, S. (1993). Disain Busana I. IKIP Yogjakarta.
Widjiningsih. (2006). kontruksi Pola Busana. IKIP Yogjakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal BOSAPARIS : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.