PENGEMBANGAN VIDEO DESTINASI WISATA BALI AGA BERBASIS STORYNOMICS DI DESA PEDAWA BULELENG- BALI

Authors

  • Dewi Putu Yuyun Niartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ariani Risa Panti
  • Kusyanda Made Riki Ponga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppkk.v14i2.63042

Keywords:

Pengembangan, Destinasi Wisata, Storynomics, Desa Pedawa

Abstract

Tujuan penelitian ini guna memperoleh pengembangan media melalui video berbasis storynomics di Desa Wisata Pedawa, Buleleng- Bali. Jenis penelitian pengembangan dengan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan video promosi berbasis storynomcis dilakukan dengan melibatkan proses identifikasi potensi wisata 4A’s (Attractions, Amenity, Accessibility dan Ancilliary) serta pengembangan video model PPE (Perencanaan, Produksi dan Evaluasi). Hasil penelitian dari identifikasi potensi wisata 4A’s dapat mendukung pembuatan desain atau narasi berisi informasi mengenai living culture dan kebudayaan sebagai esensi pariwisata serta potensi wisata lainnya sebagai unsur penting dalam storynomics dalam tahap perencanaan. Hasil tahap produksi dengan melaksanakan proses shooting di Desa Pedawa sebagai bentuk pengimplementasi desain yang telah disepakati sehingga menghasilkan output berupa video promosi. Tahap evaluasi video berbasis storynomics divalidasi oleh ahli isi dan media serta hasil penilaian oleh member check dikategorikan layak dipergunakan kedepannya untuk mengembangkan destinasi wisata Desa Pedawa yang lebih maju.

Author Biography

Dewi Putu Yuyun Niartha, Universitas Pendidikan Ganesha

mahasiswa prodi PKK

References

Andiani, N. D., Widiastini, N. M. A., & Rahmawati, P. I. (2020). Pendampingan Penyusunan Sop Pramuwisata Bagi Pokdarwis Di Desa Pedawa. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, 1535–1542.

Cooper, Chris. J. Fletcher. D. Gilbert. A. Fyall. S. W. ·. (2015). Tourism Principles And Practice. Pearson Education.

Kartika, T., & Riana, N. (2020). Storynomics Tourism As An Effective Marketing Strategy On Tourism Destination (Case Study On Tangkuban Parahu, West Java-Indonesia). Tourism And Sustainable Development Review, 1(1), 33–40. Https://Doi.Org/10.31098/Tsdr.V1i1.8

Mckee, R. (2018). Story-Driven Marketing In The Post-Advertising World. United States: Grand Central Publishing. Https://Doi.Org/6.5 X 1 X 9.25 Inches

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press. Https://Doi.Org/IOS3354.Slims-17084

Prio Utomo Teknik Multimedia, B., & Negeri Batam, P. (2020). Video Profil SMK Animasi Bina Nusantara Batam Berbasis Motion Graphic. In Journal Of Applied Multimedia And Networking (JAMN) (Vol. 4, Issue 1). Http://Jurnal.Polibatam.Ac.Id/Index.Php/JAMN

Downloads

Published

2023-07-31