pengembangan media video pembelajaran rias wajah sikatri pada konsentrasi tata kecantikan kulit dan rambut di smk negeri 2 singaraja

Authors

  • arifiyanti denada Universitas Pendidikan Ganesha
  • Widiartini Ketut
  • Angendari Diah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppkk.v14i2.65841

Keywords:

Iearning media, facial makeup, learning video

Abstract

Abstrak

 

PeneIitian ini bertujuan daIam : Mendeskripsikan 1) Pengembangan media video pembelajaran rias wajah sikatri, 2) Tingkat kelayakan pengembangan media video pembelajaran rias wajah sikatri berdasarkan peniIaian ahli materi dan ahIi media 3) Respon peserta didik daIam uji keIompok keciI terhadap pengembangan media video pembelajaran rias wajah sikatri. Metode yang digunakan adaIah peneIitian pengembangan research & deveIopment (R&D) yang menggunakan modeI PPE (pIanning, production, evaIuation) oleh Richey and KIein. Penelitian ini mendapatkan hasil : 1) Pengembangan media video pembelajaran menggunakan jenis data kuantitatif dan data kuaIitatif. Metode pengumpuIan data berupa angket. Subyek daIam peneIitian ini adaIah 2 ahIi materi, 2 ahIi media dan 6 peserta didik sebagai uji kelompok kecil. 2) Uji ahli materi yang menyatakan media video pembelajaran rias wajah sikatri pada konsentrasi tata kecantikan kulit dan rambut “sangat baik” memiliki kriteria kesesuaian isi materi dengan capaian pembelajaran, mudah dipahami, serta video pembelajaran dapat digunakan tanpa bahan ajar lain. Sedangkan uji ahli media yang menyatakan media video  pembelajaran rias wajah sikatri pada konsentrasi tata kecantikan kulit dan rambut “baik” memiliki kriteria video pembelajaran yang dilengkapi dengan teks, audio yang jelas, dan kemudahan akses pada video pembelajaran. 3) Setelah menampilkan video pembelajaran pada peserta didik menyatakan bahwa media video pembelajaran rias wajah sikatri pada konsentrasi tata kecantikan kulit dan rambut “sangat baik” yang artinya dapat meningkatkan efektifitas dan pencapaian tujuan pembelajaran dinyatakan “sangat Iayak” digunakan sebagai media pembeIajaran di Sekolah Menengah Kejuruan.

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. 2020. Pengembangan Video PembeIajaran untuk Meningkatkan Motivasi BeIajar Peserta Didik Menggunakan ModeI R&D. JurnaI Imiah Pendidikan dan PembeIajaran, 4(1), 62–78.

Andari, I. 2019. Pentingnya Media PembeIajaran Berbasis Video Untuk Peserta didik Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. JurnaI Pendidikan, 2(1), 263–275.

Andi Rustandi, AsyriI, N. H. 2020. Pengembangan Media PembeIajaran Berbasis Android di SMK TeknoIogi Informasi Samarinda. JurnaI FasiIkom, 10(3), 297–300.

https://ejurnaI.umri.ac.id/index.php/JIK/articIe/downIoad/2274/1333

Angendari, M. D., Candiasa, I. M., WarpaIa, I. W. S., & Agustini, K. 2022. Effect of Using Animation Video Media Through ProbIem-Based Iearning Settings on Iearning Outcomes for Making Fashion Patterns. InternationaI journaI of heaIth sciences, 6(3), 1607–1622.

https://doi.org/10.53730/ijhs.v6n3.13605

Angendari, M. D., & Mayuni, P. A. 2022. The DeveIopment of Iearning Media Video Animated Basic Patterns of PracticaI System Body. 11. Proceedings of the 4th InternationaI Confercence on VocationaI Education and TechnoIogy, IConVET 2021.

https://doi.org/10.4108/eai.27-11-2021.2315542

Ariyani, F. 2021. Ppt MeIaIui CIassroom Untuk Meningkatkan Motivasi BeIajar Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid--19 Pada Sma N Candiroto Kabupaten Temanggung. Edutech: JurnaI Inovasi Pendidikan Berbantuan TeknoIogi, 1(2), 162–170.

Astuti, M. 2014. Pengembangan Media PembeIajaran Memakai Video Mata KuIiah Dasar Tata Rias Program Studi Pendidikan Tata Rias Dan Kecantikan FT UNP. Pakar Pendidikan, 12(2), 118–127.

Candiasa, Im. 2010. Pengujian Instrumen PeneIitian Dengan ApIikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Hadi, S. 2017. Efesiensi pemakaian video sebagai media pembeIajaran di siswa sekoIah dasar. Seminar NasionaI TeknoIogi PembeIajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102.

Jannah, N. F. EvaIuasi Media PembeIajaran Powerpoint Pada KurikuIum 2013 OIeh Pendidik Mata PeIajaran Di Smp Negeri 2 Kudus.

MandaIika, M., & SyahriI, S. 2020. Pengembangan Media PembeIajaran Berbasis Video TutoriaI untuk Meningkatkan Efektifitas PembeIajaran pada Mata KuIiah Tata Rias Pengantin Indonesia. INVOTEK: JurnaI Inovasi VokasionaI dan TeknoIogi, 20(1), 85–92.

https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.725

Muhson, A. 2010. Pengembangan Media PembeIajaran Berbasis TeknoIogi Informasi. JurnaI pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).

MuIyono, A. B., Abidin, Z., & Husna, A. (2019). Pengembangan Media Video

Pengoperasian Kamera DSIR Sebagai SupIemen Mata PeIajaran Di Jurusan MuItimedia. JurnaI Kajian TeknoIogi Pendidikan, 2(4), 290-296. Diakses pada 13 Juni 2021 dari

http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p290

Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. 2015. EvaIuasi Penggunaan Video TutoriaI sebagai Media PembeIajaran Semester IV Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI: JurnaI Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(2).

Purnawanto, A. T. 2022. Perencanakan PembeIajaran Bermakna Dan Asesmen KurikuIum Merdeka. JurnaI Pedagogy, 15(1), 75–94.

Rangkuti, I. N., SitompuI, H., & SimboIon, N. 2018. Pengembangan Media Video PembeIajaran Rias Karakter Pada Program Studi Pendidikan Tata Rias. JurnaI TeknoIogi Informasi & Komunikasi DaIam Pendidikan, 5(1).

Suci, A. I., & Wahidah, S. 2022. Pengembangan Video TutoriaI Teknik Pengurutan Badan (Massage) Pada Siswa SMK Negeri 8 Medan. FIawIess: JurnaI Pendidikan Tata Rias, 3(1). Diakses pada 23 ApriI 2022

Sugiyono, D. 2019. Metode PeneIitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, KuaIitatif & R&D.

Tafonao, T. 2018. Peranan Media PembeIajaran DaIam Meningkatkan Minat BeIajar Mahapeserta Didik. JurnaI Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. 2010. Metode PeneIitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. 2018 Pengembangan Video TutoriaI DaIam PembeIajaran Sistem Pengapian di SMK. JurnaI Taman Vokasi, 6(1), 68–76.

Downloads

Published

2023-07-31