PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL TATA RIAS FANTASI PADA MAHASISWA KONSENTRASI TATA KECANTIKAN DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Authors

  • Rifka Melati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Dewa Ayu Made Budhyani Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Gede Sudirtha Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppkk.v15i3.69384

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Proses pengembangan video tutorial  tata rias fantasi, (2) Kelayakan pengembangan video tutorial tata rias fantasi untuk menunjang pembelajaran daring pada mahasiswa konsentrasi tata kecantikan di Universitas Pendidikan Ganesha berdasarkan uji ahli isi materi dan ahli isi media pembelajaran. Rancangan penelitian pengembangan dengan model ADDIE terdiri atas lima langkah, yaitu: Analisis (analyze), Perancangan (design), Pengembangan (development), Implementasi (implementation), dan Evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuisioner, kemudian dianalisis menggunakan jenis data deskriptif kuantitatif. Hasil data dapat diperoleh yakni 1) Proses pengembangan video tutorial ini menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). 2) Dari penilaian ke 4 orang responden materi dan media. Berdasarkan hasil uji kelayakan video tutorial tata rias fantasi dari kedua ahli isi materi diperoleh rerata 85,3% (sangat layak), dan dari kedua ahli media diperoleh hasil 93,3% (sangat layak). Hal ini menunjukkan hasil analisis ahli isi materi dan ahli media dapat disimpulkan bahwa kelayakan video tutorial tata rias fantasi pada mahasiswa konsentrasi tata kecantikan di Universitas Pendidikan  Ganesha dinyatakan sangat layak.

 

Kata kunci: video tutorial, tata rias fantasi, ADDIE

References

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

Diana, L., & Maharani, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio visual dengan teknik tutorial berbasis kemampuan konseptual pada mata pelajaran integral. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 25–31.

Elisa, N., Rahmiati, R., & Dewi, S. M. (2022). Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Praktik Pemangkasan Rambut Teknik Uniform Layer Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Tata Rias Dan Kecantikan, 4(1), 66–77.

Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369–387.

Hikmah, U. N., & Ahmadi, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV. Jurnal Kreatif, 9(2), 135–140.

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188–194.

Muhson. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90.

Qonitah, Z. R. (2020). Pengembangan Video Tutorial Dalam Materi Rias Fantasi Di Program Studi Tata Rias. Jurnal Tata Rias, 10(1). https://doi.org/10.21009/10.1.1.2009

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIESebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualititatif & Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tobing, M., Purba, R., Tampubolon, H., & Gratia, S. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ornamen Tumbuhan Dalam Rias Wajah Fantasi Bagi Siswa SMK Tata Kecantikan Kulit. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3590–3597.

Wismayani, K. D. (2022). Pengembangan Tata Rias Fantasi Dengan Sumber Ide Burung Merak. Universitas Pendidikan Ganesha.

Zainuddin, Z., Hermanto, D., & Wijayanti, R. (2022). Pengembangan Video Tutorial Matematika Berbasis Keterampilan 4C Kurikulum 2013. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(2), 11–126.

Downloads

Published

2024-11-28

Issue

Section

Articles