INSERSI LAGU DAN PERMAINAN CUBLAK-CUBLAK SUWENG PADA BIDANG FASHION

Authors

  • Alicia Cavina Avantie Harsono Universitas Surabaya
  • Dian Prianka Universitas Surabaya
  • Siti Zahro

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppkk.v15i2.75794

Keywords:

insersi budaya, lagu tradisional, cublak-cublak suweng

Abstract

Eksistensi kebudayaan perlu dilestarikan secara turun-temurun karena budaya mengandung unsur pembelajaran, estetika, sejarah, dan identitas pemilik kebudayaan itu sendiri. Adanya siklus percepatan globalisasi mendorong manusia hanya berfokus pada perkembangan teknologi sehingga individualisme semakin tinggi. Hal inilah yang mencetuskan WGSN (fashion trend forecaster dunia) meluncurkan ramalan tren Autumn/Winter 2023/2024 berjudul “Care Culture”. Ramalan tren ini mendukung budaya peduli akan daya tarik rumah, alam, komunitas, dan estetika yang tidak sempurna. Dengan metode penelitian analisis interpretatif, insersi atau penyisipan budaya lokal dalam bidang fashion berupa lagu permainan tradisional Cublak-cublak Suweng, tidak hanya mengandung unsur-unsur budaya lokal tetapi juga pembelajaran mendalam yang dapat diwujudkan menjadi stilasi motif desain. Tahapan penelitian yaitu menganalisis ramalan tren, menghubungkan pada inspirasi, mind mapping kata kunci, mewujudkan stilasi dan susunan motif. Susunan motif dengan metode modular dirancang dengan meletakkan elemen hasil stilasi secara diagonal menjadi satu kesatuan komposisi yang berkesinambungan. Penerapan interpretasi dari lagu Cublak-cublak Suweng dilakukan supaya masyarakat lebih melihat dan mengenal budaya lokal sebagai suatu karya yang tak ternilai harganya.

References

Agus, E., & Zulfahmi, Z. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Generasi Muda. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 2(1): 26-33.

Aprianti, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi terhadap Identitas Nasional Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1): 996-998.

Ariesta, F. W. (2019). Nilai Moral Dalam Lirik Dolanan Cublak-Cublak Suweng. Jurnal Ilmu Budaya, 7(2): 188-192.

Citraningrum, D. M. (2020). Pemanfaatan Permainan Tradisional Pada Masa Pandemi. UNEJ e-Proceeding, 487-495.

Dini, J. P. A. U. (2022). Studi Deskriptif Isi Pesan Moral Pada Lirik Lagu Dolanan Khas Jawa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6): 5605-5614.

Effendi, Y. (2022). Interpretasi Nilai Etnopedagogi Pada Tembang Cublak-Cublak Suweng (Analisis Semiotika Charles Sander Pierce). Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2): 163-171.

Kristina, A., Ismanto, A., & Meliana, S. (2022). Implementasi Stilasi Bentuk Elemen Alam pada Gubahan Interior Museum Geologi Bandung. Mezanin, 4(2): 55-62.

Kurniasari, Y. R., & Rahardi, R. K. (2019). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng di Yogyakarta: Kajian Ekolinguistik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2): 133-142.

Kwan, J. C., Muljosumarto, C., & Wijayanti, A. (2021). Perancangan Desain Motif Pada Kain Untuk Spring Summer Modest Collection (2021) Brand Esye. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18): 1-5.

Lindarti, A., & Hasanudin, R. (2021). Evaluasi Program Permainan Tradisional (Cublak-Cublak Suweng) Menggunakan Model Alkin. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1): 22-30.

Lintangkawuryan, Y. (2018). Pengenalan Permainan Tradisional Cublak-cublak Suweng Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 23(3): 202-210.

Muhaditia, M., Narawati, P. C., & Lisnawaty, R. Y. (2022). Pengaruh Korean Waves Terhadap Fashion Remaja Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains dan Sosial Humaniora, 1(01): 138-153.

Muhammad, I., Gumiandari, S., & Huriyah, H. (2020). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal di MA Miftahuttholibin Kuningan. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2): 261-288.

Mujtahidin, M., & Oktarianto, M. L. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1): 95-106.

Nuraini, F., & Fauzan, F. 2022. Kajian Pendekatan Etnopedagogi Dalam Pendidikan Melalui Kearifan Lokal Aceh. Al-Madaris: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 3(2): 31-41.

Panuntun, D. F. (2019). Makna Nilai-nilai Kristen Lagu Cublak-cublak Suweng. Jurnal Forte, 1(1): 1-11.

Pratikno, A. S., & Hartatik, A. (2023). Pudarnya Eksistensi Kesenian Tradisional Ludruk Akibat Globalisasi Budaya. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2): 56-70.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rochanah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Tentang Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Menerapkan Teknik Mind Mapping. Journal on Education, 4(1), 114-127.

Rupa, J. S. (2023). Kolase Berbahan Manik-Manik Bertema Stilasi Flora Dan Fauna di SMA Senopati Sidoarjo. Jurnal Seni Rupa, 11(2): 73-83.

Sihombing, S., & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Pada Ornamen Rumah Bolon Batak Toba. Jurnal pendidikan matematika Indonesia, 6(2): 100-104.

Tertiyus, T. D., Damajanti, M. N., & Muljosumarto, C. (2021). Perancangan Fashion Hasil Upcycle Sisa Kain Produksi Massal. Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: PPS Petra Christian University.

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01): 7-12.

Wahyudi, I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia. Jurnal Teknik Komputer, 5(1): 71-76.

Zahra, P. A. R. A. S. (2023). Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Permainan Cublak-cublak Suweng: Sebuah Studi Pustaka. Journal Olahraga Rekat (Rekreasi Masyarakat), 2(1): 50-57.

Downloads

Published

2024-07-28

Issue

Section

Articles