Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Materi Teknik Dasar Passing Bola Basket Dengan Kombinasi Permainan Tic Tac Toe Pada Peserta Didik Kelas X Sman 1 Sawan

Authors

  • I Komang Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

media;,video tutorial; permainan; bola basket; tic tac toe.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada materi teknik dasar passing bola basket yang akan dikombinasikan dengan permainan tic tac toe. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, developmen, implementation, dan evaluation. Media yang dikembangkan berupa video pembelajaran PJOK. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan tanggapan dari ahli isi/materi pembelajaran memperoleh presentase 91%(sangat baik), ahli desain pembelajaran memperoleh 98% (sangat baik), ahli media pembelajaran memperoleh 91% (sangat baik), ahli praktisi lapangan memperoleh 99% (sangat baik). Hasil uji coba peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok yaitu uji coba perorangan memperoleh presentase 92% (sangat baik), uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 90% (sangat baik), uji coba kelompok besar memperoleh presentase 88% (baik). Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran teknik dasar passing bola basket yang di kombinasikan dengan kombinasi permainan tic tac toe layak digunakan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada materi permainan bola basket.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Wiratama, I. K. ., Yogi Parta Lesmana, K. ., & Spyanawati, N. L. P. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Materi Teknik Dasar Passing Bola Basket Dengan Kombinasi Permainan Tic Tac Toe Pada Peserta Didik Kelas X Sman 1 Sawan. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 14(1), 1–5. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJPKO/article/view/67436

Issue

Section

Articles