PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII B5 SMP NEGERI 4 SINGARAJA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT

Authors

  • Ni Putu Novia Krisna Dewi .
  • Prof. Dr.I Gusti Putu Suharta,M.Si .
  • Dr. I Wayan Puja Astawa, S.Pd., M.Stat.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v8i2.13086

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar dan tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran setelah diterapkannya model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B5 SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 39 siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, angket dan tes. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar. Terjadinya peningkatan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut : (1) Pembelajaran yang diterapkan menekankan pada pengembangan konsep, (2) Pembelajaran yang diterapkan menekankan pada prinsip belajar kooperatif dengan bimbingan guru, dan (3) Pembelajaran menekankan pada prinsip kemandirian dan tanggung jawab dalam menerapkan konsep. Rata-rata skor pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada siklus I sebesar 61,93, meningkat menjadi 67,49 pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 72,22 pada siklus III. Pada siklus III, rata-rata skor pemahaman konsep bangun ruang sisi datar berada dalam kategori tuntas, sehingga indikator keberhasilan penelitian sudah tercapai. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berada pada kategori positif dengan rata-rata skor sebesar 56,82.
Kata Kunci : model Missouri Mathematics Project, pemahaman konsep, bangun ruang sisi datar

This research was aimed to describe the improvement conceptual understanding of rectangular solid figure and students' responsed to the implementation of learning after applying the learning model of the Missouri Mathematics Project. The type of research conducted is Classroom Action Research which is implemented in three cycles. The subject of this research is the students of class VIII B5 SMP Negeri 4 Singaraja academic year 2016/2017 which amounted to 39 students. Data were collected by using observation method, questionnaire and test. The data that has been collected is then analyzed descriptively. The results showed that there is an increase of conceptual understanding of rectangular solid figure. The increase of conceptual understanding of rectangular solid figure is caused by the following : (1) The applied learning emphasizes the development of concepts, (2) The applied learning emphasizes cooperative learning principles with teacher guidance, and (3) The lesson emphasizes the principle of independence and responsibility for implementing concepts.The average score of conceptual understanding of rectangular solid figure in the first cycle of 61.93, increased to 67.49 in cycle II and increased again to 72.22 in cycle III. In cycle III, the average score of conceptual understanding of rectangular solid figure is in the category of completion, so that the success indicator of the research has been achieved. Student responses to the implementation of the learning model of the Missouri Mathematics Project are in the positive category with an average score of 56.82.
keyword : Missouri Mathematics Project model, conceptual understanding, rectangular solid figure

Published

2018-01-23

Issue

Section

Articles