PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • P. S Githa
  • I Made Sugiarta Jurusan Matematika
  • I Wayan Puja Astawa Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi
matematika dan aktivitas belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran
kooperatif tipe Time Token. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental
semu. Data yang diperoleh melalui postes dan hasil observasi dianalisis
menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian
menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time secara bersama
berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan aktivitas belajar siswa
(F=22,276; p<0,05); secara tersendiri berpengaruh positif terhadap
kemampuan komunikasi matematika siswa (F=34,726; p<0,05); dan aktivitas
belajar siswa (F=12,257; p<0,05).
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Time Token, kemampuan
komunikasi matematika dan aktivitas belajar

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles