PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19933Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasimatematika dan aktivitas belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran
kooperatif tipe Time Token. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental
semu. Data yang diperoleh melalui postes dan hasil observasi dianalisis
menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian
menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time secara bersama
berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan aktivitas belajar siswa
(F=22,276; p<0,05); secara tersendiri berpengaruh positif terhadap
kemampuan komunikasi matematika siswa (F=34,726; p<0,05); dan aktivitas
belajar siswa (F=12,257; p<0,05).
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Time Token, kemampuan
komunikasi matematika dan aktivitas belajar
Downloads
Published
2019-09-03
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.