MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

Penulis

  • I Made Widiatmika
  • I Gusti Putu Suharta Jurusan Matematika
  • I Putu Pasek Suryawan Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19905

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sukasada dan (2) respon siswa terhadap
penerapan model pembelajaran creative problem solving. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sukasada sebanyak 32 siswa pada semester
genap tahun ajaran 2018/2019. Data komunikasi matematis siswa dikumpulkan
menggunakan tes komunikasi matematis dan tanggapan siswa dikumpulkan
menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase banyaknya siswa
dengan kemampuan komunikasi matematis yang berada pada kategori minimal tinggi
meningkat dari siklus ke siklus, pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut – turut yaitu
: 21,87%, 46,87% dan 75%. Peningkatan optimal pada siklus III terjadi karena guru
lebih menekankan pada pertanyaan arahan dalam mengemukakan gagasan –
gagasan, memberikan kebebasan kepada siswa untuk menyelesaikan permasalahan
sesuai dengan cara mereka sendiri, memberikan kesempatan lebih banyak kepada
siswa untuk menyampaikan pendapat, serta mengevaluasi jalannya diskusi pada akhir
pembelajaran. Selain itu respon siswa terhadapa model pembelajaran creative
problem solving tergolong positif dengan rata – rata respon siswa sebesar 55,53.
Kata kunci: Creative Problem Solving, Komunikasi Matematis, Tanggapan

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles