ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR PADA SISWA KELAS IX.6 SMPN 2 LAHAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.41001Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lahat dalam menyelesaikan soal matematika pada materi perpangkatan dan bentuk akar. Penelitian ini dilakukan di kelas IX.6 SMP Negeri 2 Lahat Tahun Pelajaran 2021/2022. Bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Data penelitian diambil menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi hasil siswa menyelesaikan soal materi perpangkatan dan bentuk akar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diketahui siswa masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan tertinggi pada kesalahan prosedural sebesar 25,52%, kesalahan konsep sebesar 18,23% dan kesalahan perhitungan 11,97%. Kesalahan terjadi karena siswa kurang memahami materi, terburu-buru dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal. Solusi yang dapat dilakukan adalah membiasakan siswa menyelesaikan soal dengan tipe yang berbeda-beda.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.