IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN VALUE CLARIFFICATION TEHNIQUE (VCT) BERBASIS CERITA RAKYAT NUSANTARA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 2 SAWAN.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i2.22064Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII B di SMP Negeri 2 Sawan melalui model pembelajaran Value Clariffication Tehnique (VCT) berbasis cerita rakyat nusantara, 2) Untuk mengembangkan sikap sosial siswa kelas VII B di SMP Negeri 2 Sawan. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VII B di SMP Negeri 2 Sawan, Kabupaten Buleleng. Data tentang prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dikumpulkan melalui metode tes dengan alat pengumpul data adalah tes objektif dan essai. Data prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif.. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn di kelas VII B SMP Negeri 2 Sawan, Kabupaten Buleleng. setelah menggunakan penerapan pembelajaran Value Clariffication Tehnique (VCT) berbasis cerita rakyat nusantara. Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn sebesar 79,13 berada pada kriteria cukup pada siklus I kemudian meningkat menjadi 83,93 pada siklus II dengan kriteria baik. Ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Value Clarification Tehnique berbasis cerita rakyat nusantara dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain itu dengan model pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) berbasis cerita rakyat nusantara mampu mengembangkan sikap sosial siswa dengan menggunakan intrumen penelitian observasi dan angket, hal ini terlihat dalam hasil pengembangan sikap sosial pada pra-tindakan dengan rata-rata 66% berada pada kategori kurang, pada siklus I dengan rata-rata 71% berada pada kategori cukup, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 84% berada pada katagori Baik. Simpulan dari penelitian ini terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dan sikap sosial siswa melalui penerapan pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) berbasis cerita rakyat nusantara dalam mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Sawan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)