Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i3.22069Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap motivasi dan prestasi belajar PPKn siswa kelas VII SMP negeri 1 Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada.Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random samplingi. Metode pengumpulan data kuesioner dan tes prestasi belajar. Data yang dikumpulkan berupa nilai motivasi belajar dan hasil tes prestasi belajar PPKn. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan SPSS 17.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran konvensional Kedua, terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran konvensional. Ketiga, secara simultan terdapat perbedaan motivasi belajaran dan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Keempat, kendala yang dihadapi dalam pembelajaran inquiry, diantaranya: (1) permasalaan waktu yang dialokasikan, (2) pembelajaran inquiry terkadang melenceng karena siswa belum terbiasa menerapkan model pembelajaran inquiry, (3) jumlah siswa yang terlalu banyak saat melakukan penelitian, (4) pembelajaran dalam kelompok yang kurang aktif, (5) mengumpulkan informasi dalam kelompok masih mengalami kesusahan, (6) sarana prasarana yang kurang memadai. Adapun pemecahan masalah, diantaranya: strategi guru dalam mengatur waktu agar sesuai dengan topik pembelajaran yang diinginkan, guru harus menjadi fasilitator yang handal, membimbing secara intensif siswa, dan memotivasi siswa agar ikut bersinergi dalam kelompok, selain itu perlunya peranan pihak sekolah dalam memfasilitasi media pembelajaran di dalam kelas.
Kata kunci: Inquiry, Motivasi, Prestasi Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)