PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BUSUNGBIU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v8i1.23549Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Projec Citizenterhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Busungbiu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental post-test only control group desing. Populasi penelitian ini adalah 188 siswa kelas X dengan sampel penelitian 32 siswa X IPA1 dan 30 siswa kelas X IPA4 SMA Negeri 1 Busungbiu yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir keritis dan hasil belajar siswa 80.47 dan 83.81 untuk kelas eksperimen dan 72.83 dan 73.83 untuk kelas control. Artinya kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol dalam hal pencapaian keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar mereka. Selain itu, nilai F- Wilk’ Lambda = 49.78. Karena nilai sig (p= 0.0 < 0.05), hipotesis nol (H0) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pemebalajaranProject Citizen terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kesimpulannya,
Kata kunci: Project Citizen, Berpikir Kritis, Hasil Belajar
References
Alden Craddock, dkk. 2007.
International Democratic
Education Institute
Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta :Bumi Aksara
. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Efeektif. Jakarta PT. Rineka Cipta
Astini, N. G. N. 2011. Implementasi model pembelajaran kooperatif
tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari minat belajr siswa SMA: Studi eksperimen pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tegallalang. Tesis (Tidak dipublikasikan). Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidkan Ganesha.
Azwar, S. 2002. Reliabiliti dan Validiti. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Badeni. 1998. Cooperatife learning dalam konteks pendidkan IPS. Jurnal Pendidkan Ilmu Sosial. Nomor 12 Tahun VI Edisi Juli
- Desember.
Budimansyah, D. (2009). Inovasi
Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Program Studi PKn SPs UPI.
Budimansyah, D. & Suryadi, K.(2008).
P-ISSN : 2599-2694, E-ISSN : 2599-2686
PKN dan Multikultural. Program Studi Kewarganegaraan.
Masyarakat Bandung: Pendidikan
Candiasa, I.M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertasi Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha
Press.
Cogan, J.J. dan Derricott, R. (1998).
Citizenship for the 21st
Century; An Perspective on London: Kogan Page.
Craddock, et.al, (2007) “Theaching for Democracy: Assessing Project Citizen in Poland, South
Africa”, Research Report. Dantes, Nyoman. 2007. Analisis
Varian. Singaraja: Undiksha
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)