PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PERKEMBANGAN WAWASAN KEBANGSAAN MAHASISWA

Authors

  • Firda Nurfauziyanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Damanhuri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Febrian Alwan Bahrudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.51067

Keywords:

Literasi Digital, Wawasan Kebangsaan, Mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi digital terhadap perkembangan wawasan kebangsaan mahasiswa dan mendeskripsikan upaya apa yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan wawasan kebangsaan dikalangan generasi muda, khususnya mahasiswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi korelasional. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Untirta. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PPKn Untirta dari angkatan 2018-2021 sebanyak 235 mahasiswa, kemudian diperoleh sampel sebanyak 59 mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner online melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi digital terhadap perkembangan wawasan kebangsaan mahasiswa, berdasarkan nilai t, didapatkan nilai thitung = 6,021 dan nilai ttabel = 2,002 (6,021 > 2,002) berdasarkan nilai tersebut dapat dikategorikan signifikan, sehingga ada pengaruh literasi digital terhadap perkembangan wawasan kebangsaan mahasiswa. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa dikalangan generasi muda, khususnya mahasiswa adalah melalui literasi digital.

References

Bersumber dari Buku

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawati dan Achmad Rosidi. (2015). Mereka Membicarakan Wawasan Kebangsaan Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI.

Hague, C., & Payton, S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum Leadership, 9(10).

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yuniarto, Bambang. (2021). Wawasan Kebangsaan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Bersumber dari Jurnal

Abdulkarim, Aim, dkk. (2018). Developing Civicpedia as a Civic Education E-Learning Media to Improve Students' Information Literacy. Journal of Social Studies Educational Research, 9(3), hlm.45-61.

Agustina, W. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Wawasan Kebangsaan Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Udanawu Kabupaten Blitar. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(4).

Damanhuri, D., & Juwandi, R. (2020). Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Praktik Kewarganegaraan Digital Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Literasi

Digital Warga Negara Di Provinsi Banten. Untirta Civic Education Journal, 5(2).

Fatimah, M. M. (2020). Meningkatkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Peserta Didik melalui Literasi Digital. Jurnal Civicus, 20(1), 31-39.

Rila S, 2019 Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning, Jurnal ASPIKOM 3(6) Hlm. 1203.

Siti Aisyah Nurfatimah & Dinie Anggraeni D. 2021. Implementasi Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan Di Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan. Volume 5, Nomor 1.

Sofyan, FS, & Sundawa, D. (2015). Hubungan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan peningkatan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial., 24 (2), 185-198.

Bersumber dari Internet

Telematika Indonesia, (2018). Survey 2017: Wabah Hoax Nasional. Diakses pada 23 Oktober 2021.

Downloads

Published

2022-09-05