PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PERKEMBANGAN WAWASAN KEBANGSAAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.51067Keywords:
Literasi Digital, Wawasan Kebangsaan, Mahasiswa.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi digital terhadap perkembangan wawasan kebangsaan mahasiswa dan mendeskripsikan upaya apa yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan wawasan kebangsaan dikalangan generasi muda, khususnya mahasiswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi korelasional. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Untirta. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PPKn Untirta dari angkatan 2018-2021 sebanyak 235 mahasiswa, kemudian diperoleh sampel sebanyak 59 mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner online melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi digital terhadap perkembangan wawasan kebangsaan mahasiswa, berdasarkan nilai t, didapatkan nilai thitung = 6,021 dan nilai ttabel = 2,002 (6,021 > 2,002) berdasarkan nilai tersebut dapat dikategorikan signifikan, sehingga ada pengaruh literasi digital terhadap perkembangan wawasan kebangsaan mahasiswa. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa dikalangan generasi muda, khususnya mahasiswa adalah melalui literasi digital.
References
Bersumber dari Buku
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asnawati dan Achmad Rosidi. (2015). Mereka Membicarakan Wawasan Kebangsaan Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI.
Hague, C., & Payton, S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum Leadership, 9(10).
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Yuniarto, Bambang. (2021). Wawasan Kebangsaan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Bersumber dari Jurnal
Abdulkarim, Aim, dkk. (2018). Developing Civicpedia as a Civic Education E-Learning Media to Improve Students' Information Literacy. Journal of Social Studies Educational Research, 9(3), hlm.45-61.
Agustina, W. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Wawasan Kebangsaan Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Udanawu Kabupaten Blitar. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(4).
Damanhuri, D., & Juwandi, R. (2020). Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Praktik Kewarganegaraan Digital Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Literasi
Digital Warga Negara Di Provinsi Banten. Untirta Civic Education Journal, 5(2).
Fatimah, M. M. (2020). Meningkatkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Peserta Didik melalui Literasi Digital. Jurnal Civicus, 20(1), 31-39.
Rila S, 2019 Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning, Jurnal ASPIKOM 3(6) Hlm. 1203.
Siti Aisyah Nurfatimah & Dinie Anggraeni D. 2021. Implementasi Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan Di Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan. Volume 5, Nomor 1.
Sofyan, FS, & Sundawa, D. (2015). Hubungan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan peningkatan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial., 24 (2), 185-198.
Bersumber dari Internet
Telematika Indonesia, (2018). Survey 2017: Wabah Hoax Nasional. Diakses pada 23 Oktober 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)