PENGEMBANGAN NILAI RELIGIOUS PESERTA DIDIK MELALUI GERAKAN MORAL MAGHRIB MENGAJI

Authors

  • Hariyanti Universitas Riau
  • Gigieh Cahya Permady Politeknik Pelayaran Sorong

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.52050

Keywords:

Nilai Religius, Peserta Didik, Gerakan Moral Maghrib Mengaji

Abstract

Saat ini, relatif banyak ditemukan kenakalan remaja seperti tawuran antar pelajar, genk motor dan praktek-praktek prostitusi hingga tindakan kekerasan lainnya yang terjadi di lingkungan sekolah maupun di masyarakat yang melibatkan pelajar. Salah satu penyebab dari masalah sosial tersebut adalah merosotnya nilai-nilai moral dan spiritual dalam diri peserta didik. Artikel menggunakan metode literature review untuk memecahkan masalah melalui pengumpulan dan analisis teori dan hasil penelitian terkait permasalahan. Gerakan moral maghrib mengaji merupakan salah satu upaya untuk membina akhlak mulia generasi muda sejak dini dengan penanaman nilai-nilai agama sehingga ia mampu menjadi seorang umat beragama yang taat dan warga negara yang toleran karena agama memberikan petunjuk hidup bagi umatnya dan penuh dengan nilai-nilai universal termasuk dalam hubungan bermasyarakat dan bernegara. Lebih jauh, gerakan moral ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan sisi religiusitas sekaligus rasa kebangsaan peserta didik. Sisi religiusitas terwujud dalam kegiatan pengajian yang dilakukan setiap hari sehabis maghrib sedangkan rasa kebangsaan akan terpupuk dengan sendirinya ketika seseorang telah mampu menjalankan syariat agamanya dengan benar. Gerakan moral ini dapat menjadi salah satu upaya dalam menangkal perilaku menyimpang dengan sasaran menyentuh sisi spiritual peserta didik.

References

Adu, La. 2014. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Biology Science & Education (Vol.3 No.1 Edisi Jan-Jun 2014) E-ISSN: 2541-1225: 68-78

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral. Yogyakarta: Rineka Cipta

Darmadi, Hamid. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

http://news.metrotvnews.com/read/2016/05/03/522550/7-pelaku-pemerkosa-abg-di-bengkulu-masih-di-bawah-umur ( Jum’at, 10.59)

https://tirto.id/58-remaja-putri-yang-hamil-di-luar-nikah-berniat-aborsi-bTnx (Senin, 18 April 2022)

Lickona, Thomas. 2012. Mendidik untuk membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Majid, Abdul. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya

Permady, GC & Zulfikar G. 2021. Pembentukan Karakter Kepemimpinan melalui Social Movement pada Organisasi Kemahasiswaan. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi 11 No.4. 2021:964-972

Widyastono, Herry. "Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Melalui Optimalisasi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16.9 (2010): 290-299.

Yunita, Y & Mujib A. 2021. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal TAUJIH Vol.14 No.01 Januari-Juni 2021 P-ISSN:2085-7934: 7890

Zaim Elmubarok. 2009. membumikan pendidikan nilai: mengumpulkan yang terserak, menyambung yang terputus dan menyatukan yang tercerai. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-09-01