PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP (GGE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Dewa Putu Yuliana
  • Nyoman Santiyadnya
  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i1.20227

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan penerapan metode pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2016-2017. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam 2 Siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 39 orang dan terdiri dari 20 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan Siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan, dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi dan tes. Data yang diperoleh adalah berupa peningkatan hasil belajar siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Data hasil belajar yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Singaraja dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan dari Siklus I sampai Siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I mencapai 71 dan 78,27 pada Siklus II, terjadi peningkatan sebesar 7,27. Ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari 58% pada Siklus I menjadi 87% pada Siklus II, terjadi peningkatan sebesar 29%.

Diterbitkan

2019-10-10